FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA IBU NIFAS POST SEKSIO SESAREA DI RUMAH SAKIT MITRA HUSADA PRINGSEWU LAMPUNG

Istikomah Istikomah, Marlinda Marlinda, Ratna Wulandari

Abstract


Kelahiran seksio sesarea di Indonesia sebesar 9,8% dan 4,3% di daerah Lampung, persalinan seksio sesarea dapat meningkatkan resiko morbiditas dan mortalitas pada ibu. Komplikasi yang dapat terjadi diantaranya terbukanya jahitan pada abdomen atau infeksi. Infeksi menghambat proses penyembuhan luka sehingga dapat menyebabkan terjadinya infeksi berat, luka yang rusak dan pembentukan jaringan parut yang buruk, bahkan terkadang mengalami kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses penyembuhan luka post seksio sesarea. Penelitian ini menggunakan desain cohort prospektif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu post seksio sesarea di Rumah Sakit Mitra Husada Pringsewu Lampung pada bulan Mei sampai dengan Juni tahun 2020. Sampel yang digunakan berjumlah 58 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, food record, Depression Anxiety Stress scales (DASS) dan skala REEDA yang dianalisis dengan menggunakan uji regresi logistik multivariabel. Terdapat 2 faktor yang sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka pada ibu nifas post seksio sesarea yaitu usia dengan nilai Exp (B) yaitu 5.75 dan stress dengan nilai Exp (B) sebesar 2.16. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan luka pada ibu nifas post seksio sesarea di Rumah Sakit Mitra Husada Pringsewu Lampung tahun 2020 adalah usia dan stress.

Full Text:

PDF

References


Boyle, M. (2009). Pemulihan luka. EGC. Lowdermilk, D. L., Perry, S. E., Cashion, K., & Rhodes, K. (2013). Keperawatan Maternitas. ElseiverInc.

Lumentut, A. (2015). Resiko Maternal dan Luaran Perinatal Dengan Oligohidramnion Di BLU RSU Prof. DR. R. D. Kandou Manado. Repository Poltekkes Denpasar, III(3).

Maryunani, A. (2014). Perawatan Luka Seksio Caesarea (Sc) Dan Luka Kebidanan Terkini (Dengan Penekanan ‘Moist Wound Healing’). IN Media.

Mindasari, Y., Yulifah, R., & Adi, R. C. (2017). Hubungan Stress Ibu Pre-Operasi Seksio Sesarea Terhadap Penyembuhan Luka Operasi Sesarea Di Ruang Nifas Rumah Sakit Ben Mari Malang. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Nurani, D., Keintjem, F., & Losu, F. N. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Proses Penyembuhan Luka Post Sectio Caesarea. JIDAN, 3(1).

Oxorn, H., & Forte, W. R. (2010). Ilmu Kebidanan: Patologi & Fisiologi Persalinan. Yayasan Essentia Medica.

Purwatiningtyas, & Nikmah. (2012). Hubungan Riwayat Sc (Partus Kasep) Dengan Penyembuhan Luka Post Seksio Sesarea di Irna C RSUD Syarifah Ambami Rato Ebhu Bangkalan.

RI, K. (2016). Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 4 Tahun 2016: Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Koordinasi Manfaat Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.