ANALISIS PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PADA KONVEKSI MEDIA TAILOR DI KABUPATEN PRINGSEWU

Wagiyo Wagiyo

Abstract


Penggunaan modal kerja merupakan masalah yang cukup penting bagi suatu badan usaha karena berhubungan dengan masalah terjaminnya kelancaran oprasional perusahaan. Untuk memperlancar kegiatan oprasional tersebut, maka pihak perusahaan harus dapat menggunakan modal kerjanya secara efektif dan efesien. Dengan komposisi modal kerja yang optimal diharapkan perusahaan dapat beroprasi dengan lancar, sehingga profitabilitas dapat tercapai dan keamanan perusahaan akan termain. Konveksi Media Tailor yang dari waktu ke waktu terus mengelola modal kerjanya untuk membiayai kegiatan oprasi sehari-hari. Dimana uang atau dana yang telah digunakan itu akan dapat kembali lagi masuk dalam perusahaan dalam waktu yang relatif pendek melalui kegiatan perusahaan.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah Konveksi Media Tailor mengalami peningkatan profit pada tahun 2013,2014,2015,2016 dan 2017 karena modal kerja digunakan secara efektif dan efesien, kecuali pada tahun 2016 mengalami penurunan profit dikarenakan terjadi pembatalan kontrak pada salah satu sekolah sehingga modal kerja tidak memadai mengakibatkan terganggunya aktifitas dan kelancaran operasional perusahaan dalam jangka pendek yang secara tidak langsung juga mengurangi profitabilitas. Berdasarkan masalah tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan pada Konveksi Media Tailor di Kabupaten Pringsewu?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas perusahaan pada Konveksi Media Tailor di Kabupaten Pringsewu.

 

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, cara pengumpulannya menggunakan metode dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian yaitu analisis dokumen yang berupa laporan keuangan yang berisis neraca, laporan laba/rugi dan perputaran modal periode 2013-2017.

 

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas. Berdasarkan hasil analisis rasio perputaran modal kerja, nilai perputaran modal kerja berkisaran anatara 54,75 kali sampai 255,5 kali per hari. Hasil rasio profitabilitas diperoleh rata-rata pengambilan return on asset sebesar 20,974% dengan taraf dikatakan baik 2%. Dari analisis regresi linier sederhana didapat hasil Y= 2,32372 + 0,12586 X, artinya setiap koefesien 0,12586 menyatakan bahwa setiap modal kerja berputar 1 satuan rupiah maka meningkat laba sebanyak Rp. 12.586 per hari. Dari perolehan koefesien determinasi didapat hasil yaitu 0,953 atau 95,3% yang artinya bahwa pengaruh perputaran modal kerja terhadap profitabilitas adalah sebesar 95,3% dan sisanya 4,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diidentifikasi dalam penelitian ini. Hasil uji t mengahsilkan t-hitung > t-tabel (7,788 > 3,182) dengan tingkat signifikan sebesar 0,004 < 0,05.

 


Full Text:

PDF

References


Ambarwati,Sri,Dwi,Ari, (2010), Manajemen Keuangan Lanjutan. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Anthony, Robert N, dan Govindarajan, Vijay (2012), Management Control System.Salemba Empat, Jakarta.

Atmaja,Setiadi,(2009), Statistika Untuk Bisnis dan Ekonomi, Penerbit Andi.Yogyakarta.

Irawati Susan, (2006), Manajemen Keuangan, Pustaka. Bandung.

Kasmir, (2008), Bank dan Lembaga Lainnya. Edisi Revisi 2008. Raja Graffindo Persada. Jakarta.

Kasmir, (2011), Analisis Laporan Keuangan, Raja Graffindo Persada. Jakarta.

Riyanto, (2010), Dasar-dasar Pembelajaran Perusahaan, Edisi ke Empat Cetakan ke Sepuluh, Penerbit BPFE. Yogyakarta.

Sartono, Agus, (2010), Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, BPFE. Yogyakarta.

Sudjana,(2003), Teknisi Analis Regresi an Korelasi Bagi Para Peneliti. Bandung.

Tarsito.Sugiono, (2013), Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung.

Surya, dan Purwanto, (2008), Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v9i1.1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.