ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERDASARKAN RASIO PROFITABILITAS PADA PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA Tbk TAHUN 2012- 2014

Ani Pradita, Wagiyo Wagiyo

Abstract


Tingkat keberhasilan merupakan salah  satu capaian dari suatu usaha. Setiap perusahaan  baik yang bergerak dibidang jasa maupun perdagangan, memiliki tujuan yang sma yaitu untuk memperoleh profitabilitas dan mejaga kesinambungan perusahaan dimasa yang akan dating. Perusahaan akan melaukukan beragai aktifitas untuk mencapai tujuannya memperoleh laba dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya melakukan transaksi pembelian barag dagang kemudian dijual kembali tanpa mengubah bentuknya, seperti halnya PT.Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk . Adapun rumusan masalah Bagaimana kinerja keuangan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk bila dilihat dari rasio profitabilitasnya yang meliputi Gross Profit Margin,Net Profit Margin,Return On Investsement dan Return On Equity. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil analisis kinerja keuangan perusahaan berdasarkan rasio profitabilitasnya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan penjelasan secara kantitatif, cara pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, dengan instrumen berupadokumentasi yaitu mengumpulkan laporan keuangan perusahaan,berupa neraca,laporan laba-rugi dan ekuitas.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah gross profit margin untuk mengukur efisiensi pengendalian harga pokok atau biaya produksinya,mengindikasi kemampuan perusahaan untuk berproduksi secara efisien, net profit margin untuk mengukur persentase dari setiap hasil sisa penjualan sesudah dikurangi semua biaya dan pengeluaran termasuk bunga dan pajak, return on investment untuk mengukur kemampuan perusahaan secara keseluruhan didalam menghasilkan keuntungan dengan jumlah keseluruhan aktiva yang tersedia, return on equity untuk memperlihatkan sejauh mana perusahaan mengelola modal sendiri secara efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas Gross Profit Margin rasio  pada tahun 2012 sebesar 15,4% tahun 2013 sebesar 18,1%,dan tahun 2014 sebesar 18,4%. Net

Profit Margin rasio pada tahun 2012 2,1% kemudian pada tahun 2013 1,6% dan tahun 2014 sebesar 1,4%. Retun On Investment Pada tahun 2012 rasio ini  sebesar 6,4%  sedangkan  pada tahun 2013 sebesar 5,2, dan tahun 2014 sebesar 4,1%. Return On Equity Pada tahun 2012 rasio sebesar 5,4% dan tahun 2013 sebesar 5,2% dan tahun 2014 sebesar 4,1%.

 

Kata Kunci :  Produk, Pelayanan, Harga dan Minat

 


Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2011, Manajemen Kinerja, Bandung: Alfabeta

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Agnes Sawir, 2009. Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Lukman, Syamsuddin. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lukman, Syamsuddin. 2010. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sofyan Syafri Harahap. 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.Standar Akuntansi Keuangan (SAK) www.bi.go.id

www.idx.com




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v8i01.1208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.