Analisis Segmentasi Pasar Dan Strategi Pemasaran Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2018

Indri Puspitasari, juliono Juliono

Abstract


Segmentasi pasar merupakan usaha untuk mengelompok-kelompokan pasar dari pasar yang bersifat heterogen menjadi bagian-bagian pasar yang memiliki sifat homogen. Strategi pemasaran merupakan rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Masalah utama dala penelitian ini yaitu karena persaingan lembaga pendidikan tinggi di Kabupaten Pringsewu semakin ketat. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah segmentasi pasar yang dilakaukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammdiyah Pringsewu Dalam Strategi Pemasaran Dan Apakah Strategi Pemasaran Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammdiyah Pringsewu Sudah Tepat Sasaran?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh perguruan tinggi STIE Muhammadiyah Pringsewu sudah tepat sasaran dan mengetahui segmentasi pasar yang digunakan dalam strategi pemasaran pada STIE Muhammadiiyah Pringsewu.

Dalam penellitian ini mengggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 441 mahasiswa, dengan sampling purposive didapat sampel 220 mahasiswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.

Berdasarkan analisis data didapat hasil bahwa segmentasi pasar di STIE Muhammadiyah Pringsewu didominasi dengan umur 21-23 tahun sebanyak 112 orang atau (50.2%), jenis kelamin perempuan yaitu 124 mahasiswa (56%), pendidikan orang tua SMA yaitu 134 orang (62%), pekerjaan orang tua petani yaitu 147 orang (66%), penghasilan orang tua 4-6 juta/bulan yaitu 137 orang (62%), mahasisawa yang tinggal diluar Kecamatan Pringsewu dalam Kabupaten Pringsewu yaitu 108 orang (49%), keseharian dengan motor yaitu 172 orang (78%), dan karena kebutuha pendidikan 134 orang (61%). Strategi pemasaran pada  mahasiswa STIE Muhammadiyah pringsewu didapatkan hasil mahasiswa memilih karena banyak konsentrasi jurusan yang dapat dipilih 89 orang (40%), karena biaya kuliah dapat diangsur 134 orang (61%), dan karena nyaman dalam belajar 65 orang (30%).


Full Text:

PDF

References


Sofjan Assauri. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta; rajawali pers.

Iban Sofyan, 2015. manajemen strategi. Jakarta; graha ilmu.

Philip kotler, stategi marketing for educational institution, 2015.

Prof. Dr. Sugiyono, 2014. metode penelitian bisnis, Bandung; penerbit alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&B, Bandung; alfabeta.

Drs. Danang Sunyoto, 2014. studi kelayakan bisnis, Jakarta; PT.BUKU SERU.

Yoyon bahtiar irianto, 2014. pemasaran pendidikan, Jurnal pendidikan hlm.226 . sumber: file.upi.edu/...pendidikan.

Agus Hermawan, 2012. komunikasi pemasaran. Jakarta; erlangga.

Lili amalia, 2017. Strategi pemasaran jasa pendidikan di smp harapan baru bekasi. Jurnal strategi pemasaran jasa pendidikan.

Tim penyusun (2016) panduan penulisan skripsi STIE Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Aditia Fradito (2016) strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan islam. Jurnal strategi pemasaan pendidikan.

Danang Sunyoto, 2017. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, cetakan ketiga. CAPS (Center of Academic Publishing Service): Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v10i02.1213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.