PENGARUH PRICE DISCOUNT, BONUS PACK DAN IN STORE DISPLAY TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA CHANDRA PRINGSEWU TAHUN 2016

Richa Andika Putri, Winarno Winarno

Abstract


Strategi yang paling penting yang harus dilakukan oleh pemasar khususnya di toko ritel modern adalah dengan memiliki pengetahuan tentang perilaku belanja konsumen/pelanggan yang menjadi pasar sasaran di toko ritel modern (swalayan/ self-service ).

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan statistik regresi berganda, berdasarkan analisis data diperoleh hasil nilai F-hitung > F-tabel yaitu 294,306 > 2,86 nilai T-hitung price discount > T-tabel yaitu 3,816 > 2,0281 dengan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05, nilai T-hitung bonus pack > T-tabel yaitu 3,583 > 2,0281 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05, dan nilai T-hitung in store display > T-tabel yaitu 3,355 > 2,0281 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 sedangkan yang paling dominan adalah price discount yaitu nilai nilai b1 = 0,936 T-hitung = 3,816 serta nilai signifikan = 0,001 yang lebih besar dari bonus pack dan in store display sehingga hipotesis dapat terbukti dan diterima. Besarnya pengaruh price discount, bonus pack dan in store display terhadap keputusan impulse buying pada Chandra Pringsewu sebesar = 95,8% dan sisanya sebesar 4,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diidentifikasikan dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa price discount, bonus pack dan in store display berpengaruh terhadap keputusan impulse buying pada Chandra Pringsewu.


Full Text:

PDF

References


Belch, George E, Belch, Michael A, (2009), Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communication Perpective, 8th Edition, McGraw-Hill, New York.

Buchari, Alma, (2008). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Boyd, Harper W, dkk, (2002), Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

Cahyorini, Rusfian, (2011), The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying.

Cummins, Jullians, (2001), Promosi Penjualan, Terjemahan Heryanto, Edisi ketiga, Binarupa Aksara, Jakarta.

Kotler, Philip, (2003), Manajemen Pemasaran, edisi kesebelas, Indeks kelompok Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip, (2009), Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Mahfoedz, Mahmud, (2005), Pengantar Pemasaran Modern, Upp Amp Ykpn, Yogyakarta.

Ma’ruf, Hendri, (2005), Pemasaran Ritel, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta (p3)

Mowen, John C, Michael Minor, (2002), Perilaku Konsumen, Alih Bahasa, Dwi Kartini Yahya, Jilid 2,Erlangga, Jakarta.

Shimp, Terence A, (2004), Periklanan, Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, ED 5, Erlangga, Jakarta.

Shimp, Terence A, (2000), Periklanan Promosi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sugiono, (2013), Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.

Sopiah, Syihabudhin, (2008), Manajemen Bisnis Ritel, ANDI, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, ( 2008), Strategi Pemasaran, Ed.III, ANDI, Yogyakarta.

Utami, Christina Widya, (2010), Manajemen Ritel (edisi 2), Salemba Empat, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v10i01.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.