PENGARUH MOTIVASI GURU TERHADAP KINERJA GURU GUNA MENINGKATKAN STANDAR MUTU SISWA PADA SMK MARDIWACANA OKU TIMUR

Garaika Garaika, Helisia Margahana

Abstract


Abstract

The purpose of national education, as stated in the law aims to lay the foundation of intelligence, knowledge, personality, character, skills for oneself and further education. Mardiwacana Vocational School East OKU is one of the programs supporting the government, participating in the intellectual life of the nation, motivation is a driving factor that influences human behavior. While what happened at East OKU Mardiwadana Vocational High School, the motivation of teachers changes so that it affects the quality standards of students. The task of a teacher is hard, in addition to being a teacher educator it also becomes a manager that regulates everything related to the administration of learning in the classroom, thus based on the above background, the researcher takes the title Effect of Teacher Motivation on Teacher Performance To Increase Student Quality Stability in Middle School Vocational Mardiwacana East OKU.

The purpose of this research is to find out the effect of teacher motivation on teacher performance in order to improve the quality standards of students at Mardiwacana Vocational School East OKU. Based on the results of data processing with SPSS for simple regression analysis obtained the results of the regression equation with Y = 25.672 + 0.546X. Based on the regression equation, it can be analyzed the effect of work motivation on job satisfaction, namely: (1) Constant of 25.672 meaning that if the motivation value is zero, the profitability of job satisfaction increases by 25.672%. (2) Motivation variable regression coefficient of 0.546 means that if motivation has increased by 1, then the profitability of job satisfaction will increase by 0.546. Positive coefficient means that there is a positive influence between non-material incentives on job satisfaction. (3) From the statistical analysis it can be seen that the value of R Square (R2) is 0.566. This shows that the work motivation variable affects 56.6% of employee job satisfaction, while the remaining 43.6% is the influence of other independent variables not explained by this research model. Based on the data and analysis qualitatively and quantitatively in this study, a conclusion can be drawn that there is a significant influence of teacher motivation on teacher performance in order to improve the quality of students at the Vocational High School of East OKU Mardiwacana.

 

Keywords: Motivation, performance, quality standards, Vocational High School, East OKU

 

Abstract

Tujuan pendidikan nasional, sebagai mana tercantum dalam undang-undang tersebut bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahlak, keterampilan untuk diri sendiri dan pendidikan lebih lanjut. SMK Mardiwacana OKU Timur merupakan salah satu program mendukung pereintah, ikut turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Motivasi merupakan factor penggerak yang mempengaruhi tingkah laku manusia. Sedangkan yang terjadi di SMK Mardiwadana OKU Timur, motivasi guru berubah ubah sehingga mempengaruhi standar mutu siswa. Tugas seorang guru itu berat, selain menjadi seorang pendidik guru juga menjadi menejer yang mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan administrasi pempelajaran di kelas, dengan demikian berdasarkan latarbelakang di atas maka peneliti mengambil judul Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru Guna Meningkatkan Stadar Mutu Siswa Pada SMK Mardiwacana OKU Timur.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui Pengaruh motivasi guru terhadap kinerja guru guna meningkatkan standar mutu  siswa pada SMK Mardiwacana OKU Timur. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan SPSS untuk analisis regresi sederhana diperoleh hasil persamaan regresi dengan Y= 25,672+0,546X. Berdasarkan persamaan regresi tersebut dapat dianalisis pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan kerja, yaitu: (1) Konstanta sebesar 25,672 artinya jika motivasi nilainya adalah nol, maka profitabilitas kepuasan kerja naik sebesar 25,672%. (2) Koefisien regresi variabel motivasi sebesar 0,546 artinya jika motivasi mengalami kenaikan sebesar 1, maka profitabilitas kepuasan kerja akan mengalami peningkatan 0,546. Koefisien bernilai positif artinya terjadi pengaruh yang positif antara insentif non material terhadap kepuasan kerja. (3) Dari analisis secara statistik tersebut dapat diketahui bahwa nilai R Square (R2) adalah 0,566. Hal ini menunjukkan bahwa  variabel motivasi kerja berpengaruh sebesar 56,6% terhadap kepuasan kerja pegawai,  sedangkan sisanya sebesar 43,6% adalah merupakan pengaruh dari variabel bebas lain yang tidak dijelaskan oleh model penelitian ini. Berdasarkan data dan analisis secara kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian ini dapat diambil suatu kesimpulan yaitu Ada pengaruh yang signifikan motivasi guru terhadap kinerja guru guna meningkatkan stadar mutu siswa pada SMK Mardiwacana OKU Timur.

 

Kata kunci : Motivasi,  kinerja, standar mutu, SMK, OKU Timur


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ardiana, Titin Eka. 2017. “Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK Di Kota Madiun.†Jurnal Akuntansi dan Pajak 17(02):14–23.

Edward, Puji Rahayu; Muhammad. 2014. “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Smartfren Andromax ( studi pada mahasiswa kampus ketintang Universitas Negeri Surabaya ).†Jurnal Pendidikan Tata Niaga 2(1):1–12.

Fauzi. 2013. Manajeman Itu Mudah. Jakarta: Rajawali.

Fauzi, Rita Irviani. 2018. Penagntar Manajeman Edisi Revisi. diedit oleh Putri Chistian. Yogyakarta: Andi Offset.

Gibson, James L. 1996. Organisasi dan Manajemen: Perilaku, Struktur, Proses. Djoerban W.

H. John Bernardin, Joyce E. A. Russell. 1998. Human Resource Management An Experiential Approach Fifth Edition. McGraw-Hill/Irwin.

Haryanti, Titik. 2017. “Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Di SMK Tunas Pemuda.†Research and Development Journal Of Education 4(1):44–52.

Hasibuan, Malayu SP. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Paul Hersey, Ken Blanchard. 1982. Manajemen Perilaku Organisasi : Pendayagunaan Sumber Daya Manusia (Edisi Keempat). Jakarta: Erlangga.

Ramada, Ifo. 2019. “Hubungan Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Kerja Dengan Kinerja Karyawan Di PT. MNC Skyvision, Tbk Cabang KPU Pekanbaru.†UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Sanusi, Anuar. 2014. “Desain Model Perencanaan Dan Penghantaran Proses Pembelajaran Berdaya Saing Terhadap Penciptaan Pembelajaran Berbasis Mutu Tinggi Berkebelanjutan.†Hal. 803–17 in SEMBISTEK 2014 IBI Darmajaya.

Sanusi, Anuar dan Linda Septarina. 2016. “Managerial Performance Model of Private Higher Education in The South Sumatra.†Hal. 138–44 in (ICEMAL2016. Vol. 14.

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Siagian, Sondang P. 2005. Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Bumi Aksara.

Uyanto, Stanislaus. 2006. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v11i2.1275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.