ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA USAHA SARI TAHU GUNUNG KANCIL KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN 2019

Wagiyo Wagiyo, Ikke Sinta Bella, Dhel Juni Pasya

Abstract


ABSTRAK

 

 

Persediaan merupakan sumber daya yang dimiliki perusahaan, berupa barang-barang yang akan digunakan untuk keperluan dimasa yang akan datang. Persediaan meliputi barang dagang milik perusahaan yang dapat dijual kembali atau digunakan dalam proses produksi, persediaan dapat berbentuk bahan baku, barang setengah jadi dan barang jadi yang siap untuk dijual.

Masalah dalam penelitian ini adalah Usaha Sari Tahu belum menerapkan manajemen persediaan bahan baku. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan maajemen persediaan bahan baku dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) pada Usaha Sari Tahu Gunung Kancil Kabupaten Pringsewu Tahun 2019?. Tujuan Penelitian ini Ingin mengetahui Penerapan manajemen Persediaan Bahan Baku dengan Metode EOQ Pada Usaha Sari Tahu Gunung Kancil Kabupaten Pringsewu Tahun 2019.

Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Economic Order Quantity (EOQ), Frekuensi Pembelian, Persediaan Bahan Pengaman (Safety Srock), Pemesanan Kembali (Reorder Poin), dan Total Biaya Persediaan atau Total Investory Cost (TIC). Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa pembelian bahan baku yang dilakukan Usaha Sari Tahu Gunung Kancil Pringsewu cenderung tidak efisisen karena biaya total persediaan menggunakan kebijakan perusahaan lebih besar dibandingkan dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) persediaan bahan baku yang optimal di Usaha Sari Tahu Gunung Kancil Pringsewu Tahun 2017 yaitu 2.066,69 kg Frekuensi pembelian sebanyak 14 kali 890,6 kg Persediaan Pengaman 1.087,5 kg Pemesanan Kembali 1.343.349,75 Total Investory Cost dan pada tahun 2018 2.105,60 kg Frekuensi pembelian 15 kai 803,07 kg Persediaan Pengaman 1.009,97 kg Pemesanan Kembali dan 1.473.923 Total Investory Cost.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Gatot Nazir. (2018). Manajemen Operasi. Jakaeta: Bumi Aksara

Fahmi, Irham. (2016). Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Alfabeta.

Heizer, Jay dan Barry Render. (2016). Manajemen Operasi. Jakarta: Selemba Empat.

Prastiti, Ayu Esa Dwi. (2016) Analisis Penentuan Harga Pokoko Produksi Dengan

Metode Activity Based Costing (Studi Kasus Pada CV. Indah Cemerlang

Setiawati,AnantasiaDianaLilis.(2017). Akuntansi Keuangan Menengah. Yogyakarta: Selemba Empat.

Simba, Mutiara. (2014). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Kayu Cempaka Pada Industri Mebel Dengan Menggunakan Metode EOQ (Studi Kasus Pada UD. Batu Zaman). Manado: Jurnal Ilmiah.

Supranto, Johannes. (2013). Riset Operasi untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sri, Suharti. (2018). Kajian Perencanaan Persediaan Yang Optimal Dengan

Metode EOQ PadabPT. XYZ. Krawang: IndustryExplore. Vol. 3,No. 01 .

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v11i2.1278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.