PENGARUH FDR DAN CAR TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN DENGAN ROA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Dhel Juni Pasha, Aulia Nurlaili Kusuma Wardani, Arifin Arifin

Abstract


Operasional Bank dilihat dari kinerja keuangan baik penghimpunan ataupun penyaluran. Perbankan Syariah merupakan lembaga yang menghimpun dana dari pihak ketiga atau masyarkat untuk kegiatan operasional dalam bentuk simpanan dan penyaluranan pembiayaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Finance to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap penyaluran pembiayaan serta pengaruh tidak langsungnya melalui Return On Assets (ROA) pada Bank Syariah Mandiri 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri tahun 2014-2018. Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penyaluran pembiayaan (Y) dan variabel independen adalah FDR dan CAR, dengan variabel mediasi adalah ROA (Z). Alat analisis yang digunakan adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FDR berpengaruh terhadap ROA dan CAR tidak berpengaruh terhadap ROA. Untuk FDR dan CAR berpengaruh terhadap penyaluran pembiayaan dan ROA tidak berpengaruh terhadap penyaluran pembiayaan. ROA sebagai variabel intervening tidak dapat memediasi hubungan antara FDR dan CAR terhadap penyaluran pembiayaan. Kata Kunci: FDR, CAR, Penyaluran Pembiayaan, ROA

Full Text:

PDF

References


Andy Porman Tambunan, 2007, Menilai Harga Wajar saham, Elex Media Komputindo, Jakrata,

Aisyah, Esy Nur, 2010, Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Perusahaan (Studi pada Lembaga BMT Maslahah Mursalah Lil UMmmah di Pasuruan), Tesis (tidak dipublikasikan),Pascasarjana Fakultas Ekonomi Brawijaya Malang.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Darmawan, Deni, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Dendawijaya, Lukman, 2005, Manajemen Perbankan, Edisi Kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam, 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Indarti Nur Baiti dan Arini WIldaniyati, (2020), Pengaruh FDR, NPF, ROA, CAR Terhadap Pembiayaan Mudharabah (Studi EMpiris Pada Bank Umum SYariah Yang Terdaftar di Bank Indonesia Pada Tahun 2015-2019), JAMER-Unmer Madiun, Vol. 1 No 2.

Kasmir. 2015, Analisis Laporan Keuangan, cetk-8. Jakarta: Rajawali Press

Kuncoro, & Suhardjono, 2002, Manajemen Perbankan (Teori dan Aplikasi), Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Lestari, Fitri Suci, 2012, Peranan Kinerja Keuangan terhadap Besarnya Pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Uin Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muhammad Faizal Fachri & Mahfudz, 2021, Analisis Pengaruh CAR, BOPO, NPF, dan FDR Terhadap ROA. Diponegoro Journal Of Management.

Nadi, dkk, 2020, Pengaruh FDR, BOPO, NPF, dan CAR Terhadap ROA pada Bank Syariah Mandiri Periode 2012-2019.

Nia Noorfitri Handayani, 2015, Pengaruh capital adequacy ratio (car), non performing financing (npf), dana pihak ketiga (dpk), sertifikat bank umum syariah (sbis) terhadap penyaluran pembiayaan bank umum syariah periode 2009-2015, UIN Jakarta.

Pratami, Wuri Arianti Novi, 2012, Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) dan Return On Assets (ROA) terhadap Pembiayaan pada Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Pratin dan Akhyar Adnan, 2005, Analisis Hubungan, Modal Sendiri, NPL, Prosentase Bagi Hasil dan Markup Keuntungan Terhadap Pembiayaan Pada Perbankan Syariah Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia, Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Susilo, Sri, 2000, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Salemba Empat.

Syamsuddin, Lukman, 2016, Manajemen Keuangan Perusahaan: Konsep Aplikasi dalam: Perencanaan, Pengawasan, dan Pengambilan Keputusan, Edisi baru, Cetakan ke-13, PT Rajagrafindo Persada, Depok 16956.

Yulia & Khofid Ramdan, 2020, Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Financing To Deposit Ratio, Non Performing Financing Dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Penyaluran Pembiayaan. IAIN Pontianak.

Ulfa, Maria. 2012. Analisis Perkembangan Aset Dana Pihak ketiga (DPK) dan Pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia. Skripsi (dipublikasikan). Universitas Gunadarma Depok.

Undang-undang nomor 10 tahun 1998




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v12i2.1590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.