PEMANFAATAN TEKNOLOGI E-COMMERCE BAGI WAJIB PAJAK UMKM DI KOTA PEMALANG (Studi Kasus Kelompok Usaha “Siomay†di Kecamatan Ampelgading, Kota Pemalang)
Abstract
Seiring perkembangan teknologi yang membawa arus kemajuan yang begitu cepat. Salah satunya dengan hadirnya e-commerce yang mampu membawa masyarakat UMKM menikmati kemudahan dan kecanggihannya. E-commerce merupakan sebuah website jual beli yang dimanfaatkan oleh pengusaha guna kelancaran dalam proses penjualan dan pembelian akan suatu barang. Kepatuhan wajib pajak seringkali mendapat sorotan yang besar dikarenakan kurangnya pengetahuan dan wawasan masyarakat dalam membayar pajak dengan baik dan benar. Sehingga kesadaran masyarakat semakin berkurang yang akhirnya timbul permasalahan mengenai kewajiban pajak bagi pelaku UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kepatuhan UMKM terhadap pajak. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data yang digunakan penelitian deskriptif ini adalah dengan mengumpulkan data jumlah pajak pelaku UMKM terhadap wajib pajak, sedangkan penelitian menggunakan metode deskriptif-kuantitatif dilakukan dengan menampilkan data yang ada serta mengkaji data tersebut mengenai wajib pajak UMKM sebelum dan sesudah adanya E-commerce. E-commerce mampu membawa pengaruh besar kepada UMKM terhadap adanya kepatuhan wajib pajak.
Kata Kunci: Pajak, UMKM, E-commerce
Kata Kunci: Pajak, UMKM, E-commerce
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v12i2.1593
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.