ANALISIS PERCEPTON GAP ANTARA GENERASI X DAN Y TERHADAP DIGITAL MARKETING

Fatoni Fatoni, Patra Alif Pambudi, Arohman Arohman

Abstract


E-marketing adalah usaha perusahaan dalam mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan produk dan menjual produk maupun jasa melalui internet. Masalah dalam penelitian ini adalah ada perbedaan perilaku pengguna internet menurut golongan umurnya yaitu generasi Y mempunyai usia 26 – 39 tahun dan generasi X yang beruisia di atas 40 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada perception gap antara generasi X dan Y terhadap digital marketing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan SPSS dengan Independent Sample t – Test. Berdasarkan hasil uji independen Sample t – test di ketahui ada perbedaan persepsi antara generasi X dan generasi Y. Hal ini di tunjukan dengan nilai thitung sebesar 39.301 > t tabel 1,648, serta nilai 0.003 < 0.05 dalam lavene test maka, data tidak homogen atau ada perbedaan persepsi generasi X dan Y terhadap digital marketing

Keywords


Digital Marketing, Generasi X, Generasi Y

Full Text:

PDF

References


Agustina, Tri Siwi. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Mitra Wacana Media, Jakarta

Dharmayanti,D., Liesander.I. (2017). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intellectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Lima di Jawa Timur. Jurnal Strategi Pemasaran Vol 4 No. 2. Universitas Petra Surabata.

Eun Young Kim, Y.K. K. (2002). Predicting Online Purchase Intentions for Clothing Products, 883-897.

Harapan, A.D., Amanah,D. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.Vol.9 No. 2.

Iskandar.D., Wijaya.D., Tanuziano,E.N dan Laurance,A.A. (2019). Analisa Perbedaan Generasi X dan Y dalam Mempertimbangkan Atribut Hotel Ketika Melakukan Reservasi Hotel Secara Onlie. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol. 7 No. 1 Universitas Petra Surabaya

Indonesia Survey Center. (2020). Laporan Hasil Survey Internet 2019- 2020. Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII).

Manap, Abdul. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Mitra Wacana Media. Jakarta

Oktavianti.R dan Febrida.R. (2020). Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial You tube terhadap Persepsi Konsumen (studi terhadap pelanggan iklan Tiket.com di Youtube). Jurnal Prologia. Vol. 4 No. 1. Fakultas Ilmu Komunikasi Tarumanegara.

Pardasuka dalam Angka. (2019). Biro Pusat Statistik Kabupaten Pringsewu.

Wijaya,D.C., Christina,S., Yasin D., (2019). Analisis Perbedaan Persepsi Konsumen Generasi X dan Generasi Y Terhadap Kualitas Lingkungan Fisik di Kafe Petrichor Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa. Vol. 7 No. 1 Universitas Petra Surabaya.

Wijoyo,H., Indrawan, I., Cahyo,W., Handoko.A dan Santamoko.(2020). Generasi Z dan Revolusi Industri 4.0. Cv.Pena Persada. Jawa Tengah




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i1.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.