ANALISIS MODEL BISNIS PADA SADAJIWA COFFEE AND EATERY MAGELANG

Mikhael Larenso Setiawan, Budi Rahardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Business Model Canvas (BMC) saat ini dan membuat BMC yang lebih baik pada Sadajiwa Coffee and Eatery yang bergerak di bisnis Coffe shop. Analisis yang dilakukan pada 9 elemen BMC yang terdiri dari Customer Segment, Value Proposition, Customer Relationship, Channels, Key Activities, Key Resources, Key Partenrship, Cost Structure, dan Revenue Streams. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yag dilakukan dengan teknik wawancara semi terstruktur. Hasil Penelitian dari identifikasi BMC yang baru menunjukan gambaran bisnis kedepannya mengenai 9 elemen BMC. Pada Customer Segment ditambahkan Konsumen menengah kebawah, pada Value Propositions ditambhkan Varian size cup dan souvenir, pada bagian Customer Relationship ditambahkan Event pelatihan pembuatan kopi dan mengikuti event bazar kopi yang ada, pada Chanel ditambahkan pembuatan website, pada Key Activities ditambahkan kegiatan membuat souvenir, pelatiahan pembuatan kopi, dan mengikuti event bazar kopi yang ada, pada bagian cost structue ditambahkan biaya pembuatan souvenir, pada Revenue Streams ditambahkan Pendapayan penjualan souvenir.

Keywords


Business Model Canvas, Model bisnis, SWOT

Full Text:

PDF

References


Osterwalder, A. and Pigneur, Y. (2016). Business Model Generation: Pedoman Bagi Para Visioner, Penggerak Perubahan, dan Pendobrak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kusmuawati, A R, et al. (2020). Implementasi Business Model Canvas sebagai strategi dalam pengembangan Coffee Shop (Studi pada Ruang Kopi Bogor). Universitas Pakuan.

Sutandyo, Christian. (2017). Model Bisnis pada Manopole Coffee Lab menggunakan Business Model Canvas. Agora. Vol. 5.

Muliyant, Afrilia Indah, et al. (2022). Business Model Canvas Kampoeng Cafe Ambulu. Baswara Jurnal Ekonomis dan Bisnis. Vol 1.

Kementerian Perindustrian. (2017). Peluang Usaha IKM Kopi. Jakarta: Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Sultan, R., & Hasbi, I. (2018). Analisis Business Model Kanvas pada Kadatuan Koffie. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Almana. Vol 2.

Surjogondokusumo, B. N., & Indriyani, R. (2016). Analisis Model Bisnis pada Restoran Yungho dengan Menggunakan Bisnis Model Canvas. Agora. Vol 4.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i2.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.