PERAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA SILIWANGI

Aulia Nurlaili Kusuma Wardani, Sapto Yuwono, Abdul Salam

Abstract


Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang telah diatur pada undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan suatu lembaga/badan perekonomian desa yang berbadan hukum dimiliki oleh pemerintah desa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Siliwangi. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Sumber data dari pengelola BUMDes dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur dengan ketua BUMDes, Aparatur Pekon, masyarakat desa, obervasi lapangan, dan studi literatur dengan menggunakan jurnal, buku, dan website resmi terkait. Hasil dari penelitian ini adalah BUMDes Siliwangi sudah ada sejak tahun 2015 dan BUMDes Siliwangi melakukan kegiatan pembuatan selai buah naga dari hasil potensi desa. Peran BUMDes Siliwangi sudah berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi masih kurang optimal sejak pasca pandemi Covid 19, sehingga mengalami kelesuan dan penyewaan ruko BUMDes Siliwangi jauh dari harapan, karena masih banyak ruko yang belum terisi akibat kurangnya minat dan partisipasi masyarakat desa.

Keywords


BUMDes, Kesejahtraan, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Alkadafi, Muammar. 2015. Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengelolaan Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa Menuju Asean Economic Community 2015. Jurnal El Riyasah 5, no. 1.

Budiono, Pugug. 2015. Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Bojonegoro (Studi kasus di Desa Ngeringin Rejo Kecamatan Kalitidu dan Desa Kedungprimen Kecamatan Kanor). Jurnal politik muda 4 no.1.

Fajar, Muhamad dan Rahayu,Ety.2019. Dampak BUMDes Terhadap kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesehatan Sosial

Gunawan, Ketut. 2011. anajmen BUMDes Dalam Rangka Menekan Laju Urbanisasi. Jurnal Sains dan Teknologi 10. No 3, 61-72.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahayu, Siti, & Febrina, Ruri. 2021. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui BUMDES didesa Sugai Nibung. Jurnal Trias Politika, Vol 5, No.1, 49-61.

Ramadana, Coristya Berlian, and Suwondo Ribawanto, Heru. 2010.Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi Di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik 1, no 6.

Riyanti, iit Novita, & Adinugraha, Hermawan. 2021. Optimalisasi Peran adan Usaha Milik Desa (BUMDES) Singajaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus di Dsa Bodas Kecamatan Watukumpul). Jurnal al-idarah. Vol 2, No 1.

Salihin, Agus. 2021. Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Sebagai Upaya Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa Pejanggik. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.Vol 7 No. 1.

Sayuti, H Muh. 2011. Pelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sebagai Penggerak Potensi Ekonomi Desa Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Dikabupaten Donggala. Jurnal ACADEMICA Fisip Untad 03, no. 02.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i2.1884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.