ANALISIS LOYALITAS KARYAWAN BUMN DI JEMBER

Dini Rahma Armelina, Maulidyah Amalina Rizqi

Abstract


Loyalitas karyawan adalah kesetiaan karyawan kepada perusahaan, sebagaimana ditunjukkan oleh komitmen terbaik mereka bagi perusahaan Banyaknya problematika yang dihadapi karyawan BUMN di Jember akibat dari kurangnya tenaga kerja, misalnya banyaknya beban kerja yang dilakukan dan mengharuskan beberapa karyawannya untuk menghandle pekerjaan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin menganalisis loyalitas karyawan BUMN di Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pengambilan data menggunakan wawancara. Metode pengambilan data informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari hasil wawancara, diketahui bahwa karyawan BUMN di Jember terbukti loyal terhadap perusahaan, dimana tidak ada keterpaksaan yang diberikan perusahaan karena para karyawan menjalankan pekerjaan murni sebagai bentuk tanggung jawab dari jabatan yang diterima dan dilakukan sampai masa kerja habis atau pensiun.

Keywords


Loyalitas, Karyawan

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ellys, E., & Ie, M. 2020. Pengaruh kepuasan kerja dan budaya organisasi terhadap komitmen organisasi karyawan. Jurnal Manajemen Maranatha, 20(1), 75–84. https://doi.org/10.28932/jmm.v20i1.3026.

Giovanni, Verontino Fernando., Mei Ie. 2022. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Di Industri Kreatif. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan Vol. 04, No. 01.

Juwita, Krisitin & Umi Khalimah. 2021. Konsep dasar membangun loyalitas karyawan jilid II. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Larastrini, Putu Meidita & I Gusti Ayu Dewi Adnyani. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja Lingkungan Kerja Dan Work – Life Balance Terhadap Loyalitas Karyawan. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 6, 3674-3699.

Pitoy, Tesalonica Iranie., Riane Johnly Pio., Wehelmina Rumawas. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan (Studi Pada PT Midi Utama Indonesia Tbk. Branch Manado). Productivity, Vol. 1 No. 4.

Rizki, Maulidyah Amalina., Siti Aisyah., dkk. 2020. Work Loyalty: Organizational Commitment Or Compulsion. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 9, Issue 03.

Sari, Novita., Karnadi. 2019. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Karyawan Pada Pt. Semen Baturaja (Persero) Site Baturaja. Jurnal Adminika Volume 5. No. 1.

Septiana Sonjayani. Nita 2010. Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Karyawan Grand Pasundan Convention Hotel Bandung (Karyawan F & B Departement). Jurnal Departement di GPCH Bandung Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutriniasih, Komang Sri. 2018. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Karyawan Pada Pt. Plasa Telkom Group Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 10 No. 1.

Sutrisno, E. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Group.

Valentino, Michael & Bambang Haryadi. 2016. Loyalitas Karyawan Pada Cv Trijaya Manunggal. AGORA Vol. 4, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v13i2.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.