PENINGKATAN GREEN PRUCHASE INTENTION MELALUI ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE MARKETING PADA KLANGENAN INTEGRATED FARM DI KABUPATEN PRINGSEWU

Gusti Adi Pranoto, Arifin Arifin, Purwanto Purwanto

Abstract


Green Purchase Intention adalah kemungkinan atau kemauan dari seseorang konsumen yang tertarik dengan isu-isu ramah lingkungan dan sadar untuk memilih produk yang lebih ramah lingkungan dibandingkan produk konvensional. Masalah dalam penelitian ini adalah di Kabupaten Pringsewu terdapat fenomena produk ramah lingkungan contohnya tanaman organik/hidroponik namun penjualan mereka ternyata sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh environmental knowledge marketing terhadap green purchase intention. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS dengan uji t, dan koefisien korelasi. Berdasarkan hasil analisa dengan uji t parsial menunjukkan hasil environmental knowledge marketing berpengaruh terhadap green purchase intention, ditunjukkan dengan nilai thitung  sebesar 20.804 lebih besar dari nilai ttabel 1,658. Berdasarkan kriteria keputusan, karena thitung 20.804 > ttabel 1,658 maka environmental knowledge marketing berpengaruh terhadap green purchase intention. Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa environmental knowledge marketing berpengaruh terhadap green purchase intention. Analisa koefisien determinasi menunjukkan bahwa environmental knowledge marketing berpengaruh sebesar 79,7% terhadap green purchase intention.


Keywords


Green Purchase Intention adalah kemungkinan atau kemauan dari seseorang konsumen yang tertarik dengan isu-isu ramah lingkungan dan sadar untuk memilih produk yang lebih ramah lingkungan dibandingkan produk konvensional. Masalah dalam penelitian ini adalah

Full Text:

Untitled

References


Ali, A., & Ahmad, I. (2012). Enviroment Friendly Products : factors that influence the Green Purchase Intention of Pakisan Consumer. Pakistan Journal Engineering Technology Sciences, 84-117.

Anggry Tri Hernizar, A. M. (2020). Pengaruh Green Product Dan Green Brand Awareness Terhadap Green Purchase Intention. Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 266.

Chen, Y. S., & Chang, C. H. (2012). Enhance Green Purchase Intentions : The Roles of Green Perceived Value , Green Perceived Risk, and Green Trust. Management Decision, 502-520.

Febriani, S. (2019). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Green Product Purchase Intention Pada Produk Innisfree Di Jakarta Dengan Consumer’s Attitude Sebagai Variabel Mediasi. Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 51.

Jaiswal, D., & Kant, R. (2018). Green Purchasing Behaviour: A Conceptual Framework and 182 Empirical Investigation of Indian Consumers. Journal of Retailing and Consumer Services, 60-69.

J. Guerra, L. Schmidt, S. Valente (2016) Dilemmas of sustainability in turbulent times A. Telesiene, M. Gross (Eds.), Green European: Environmental Behaviour and Attitudes in Europe in a Historical and Cross-Cultural Comparative Perspective, Routledge, London (2016), pp. 221-240

Kezia Theodora Satyaputra (2017). Pengaruh Environmental Knowledge Terhadap Employee Green Behavior Primebiz Hotel Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3.

Pagiaslis and Krontalis, (2014) Green consumption behavior antecedents: environmental concern, knowledge, and beliefs Psychol. Mark., 31 (2014), pp. 335-348, 10.1002/mar.20698

Rahim, R. A., Sulaiman, Z., Chin, T. A., Baharun, R., & Muharam, F. M. (2016, January 25). Measuring Electronic Word of Mouth Review Adoption on Green Purchase Intention Using Source Credibility Theory. Advanced Science Letters, 4283-4287.

Thoria Omer Mahmoud, S. B. (2017). The Influence of Green Marketing Mix on Purchase Intention: The Mediation Role of Environmental Knowledge. Scientific & Engineering Research, 1041.




DOI: https://doi.org/10.52657/jiem.v15i01.2386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics View My Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.