HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEDISIPLINAN DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Arena Lestari, Tobrani .

Abstract


Belajar adalah proses seseorang untuk menggapai keinginannya, yaitu dari ketidaktahuan menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa. Dalam prosesnya tidak dapat dipastikan bahwa semua mahasiswa yang sedang mengikuti proses pembelajaran mempunyai motivasi yang sama. Ada banyak factor yang dapat mempengaruhi, salah satunya adalah adanya factor eksternal berupa kedisiplinan dosen yang dipersepsikan oleh mahasiswa secara berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa semester IV Diploma keperawatan Stikes Muhammadiyah Pringsewu tahun 2012. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross secsional. Sampel penelitian ini adalah 71 mahasiswa diploma tiga Keperawatan dengan total populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Hasil analisis bivariat pada penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara persepsi mahasiswa tentang kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa semester IV diploma tiga keperawatan Stikes Muhammadiyah Pringsewu tahun 2012 (p-value = 1,000 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya disarankan melihat factor - factor lain yang mungkin mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa


Keywords


Persepsi, Kedisiplinan dosen, Motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo.Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003

Nursalam Ferry Efendi.2008.Pendidikan dalam Keperawatan. Salemba Medika.Jakarta

Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2010. Jakarta

Teori Motivasi & Pengukurannya. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Drs. Slameto, Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta, 2010

Dr. Riduwan, M.B.A, Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012

Zulfan Saam, Sri Wahyuni. 2012. Psikologi keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang. Guru dan Dosen. Jakarta: CV. Eka Jaya, 2006

Arikunto Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Prof. Dr. Sugiono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 1999

A.M. Sardiman, 2005, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Purwanto Ngalim, 2002, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution S., 2004, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. http://www.sarjanaku.com/2011/05/ motivasi-belajar-siswa.html

http://Jamarisonline.blogspot.com/2 011/06/daftar-lengkap-perguruan-tinggi-negeri-dan-swasta-di-Indonesia www.psp.kemdinas.go.id

http://pend-ekonomi.blogspot.com/2012/10/fak tor-faktor-yang-mempengaruhi.html

http://belajarpsikologi.com/pengerti an-motivasi-belajar/Posted by' Haryanto, S.Pd onJuly 16, 2010




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v2i3.1017

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats