HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KEDISIPLINAN DOSEN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Belajar adalah proses seseorang untuk menggapai keinginannya, yaitu dari ketidaktahuan menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa. Dalam prosesnya tidak dapat dipastikan bahwa semua mahasiswa yang sedang mengikuti proses pembelajaran mempunyai motivasi yang sama. Ada banyak factor yang dapat mempengaruhi, salah satunya adalah adanya factor eksternal berupa kedisiplinan dosen yang dipersepsikan oleh mahasiswa secara berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa tentang kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa semester IV Diploma keperawatan Stikes Muhammadiyah Pringsewu tahun 2012. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross secsional. Sampel penelitian ini adalah 71 mahasiswa diploma tiga Keperawatan dengan total populasi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Hasil analisis bivariat pada penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara persepsi mahasiswa tentang kedisiplinan dosen dengan motivasi belajar mahasiswa semester IV diploma tiga keperawatan Stikes Muhammadiyah Pringsewu tahun 2012 (p-value = 1,000 ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya disarankan melihat factor - factor lain yang mungkin mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo.Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003
Nursalam Ferry Efendi.2008.Pendidikan dalam Keperawatan. Salemba Medika.Jakarta
Prof. Dr. Soekidjo Notoatmodjo. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2010. Jakarta
Teori Motivasi & Pengukurannya. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Drs. Slameto, Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta, 2010
Dr. Riduwan, M.B.A, Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012
Zulfan Saam, Sri Wahyuni. 2012. Psikologi keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang. Guru dan Dosen. Jakarta: CV. Eka Jaya, 2006
Arikunto Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Prof. Dr. Sugiono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 1999
A.M. Sardiman, 2005, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Purwanto Ngalim, 2002, Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution S., 2004, Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara. http://www.sarjanaku.com/2011/05/ motivasi-belajar-siswa.html
http://Jamarisonline.blogspot.com/2 011/06/daftar-lengkap-perguruan-tinggi-negeri-dan-swasta-di-Indonesia www.psp.kemdinas.go.id
http://pend-ekonomi.blogspot.com/2012/10/fak tor-faktor-yang-mempengaruhi.html
http://belajarpsikologi.com/pengerti an-motivasi-belajar/Posted by' Haryanto, S.Pd onJuly 16, 2010
DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v2i3.1017
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.