TERAPI MUSIK EFEKTIF MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN ANAK USIA SEKOLAH

Nurul Sri Wahyuni

Abstract


Hospitalisasi atau rawat inap merupakan stressor yang besar yang harus dihadapi oleh anak, karena mereka belum mengerti mengapa harus dirawat juga karena lingkungan yang asing, kebiasaan yang berbeda, atau perpisahan dengan keluarga. Reaksi yang umum dari stress adalah kecemasan. Kecemasan adalah emosi atau perasaan yang timbul oleh penyebab yang tidak pasti atau tidak spesifik, biasanya dimanifestasikan dengan perasaan tidak nyaman dan gelisah. Banyak metode yang digunakan untuk mengurangi tingkat kecemasan pada pasien anak, salah satunya yaitu dengan terapi musik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kecemasan pada pasien anak usia sekolah (6-12 tahun) yang dirawat ina p di Ruang Marwa. RSU ‘Aisyiyah Ponorogo sebelum dan sesudah diberikan terapi music serta menganalisa pengaruh terapi music terhadap penurunan tingkat kecemasannya.

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental. Dengan desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil secara purposive sampling, yaitu pasien anak usia sekolah (6-12 tahun) yang dirawat  inap di ruang Marwa RSU ‘Aisyiyah Ponorogo dan tercatat sebagai pasien di bulan Desember 2004. Variable yang diukur adalah tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberi terapi music.

Dari hasil penelitian didapatkan data bahwa sebelum diberi terapi music 14,29% responden mengalami cemas ringan, 71,43% cemas sedang, dan 14,29% mengalami cemas berat. Sedangkan setelah diberi terapi music 80,95% responden mengalami cemas ringan, 4,76% cemas sedang, dan 14,29% cemas berat. Dari hasil uji statistik t-test (α = 0,05) didapatkan t hitung (8.604) dengan t tabel (2.086) dan rata-rata penurunan sebesar 4,0476. Karena t hitung lebih besar dari t table berarti hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi music terhadap penurunan tingkat kecemasan. Dari hasi temuan diatas disarankan kepada institusi rumah sakit khususunya bidang keperawatan agar terapi music dapat diterapkan pada pasien anak yang dirawat inap.


Keywords


hospitalisasi, tingkat kecemasan, terapi music, anak usia sekolah.

Full Text:

PDF

References


De Laune dan Ladner. 1998. Fundamentals of Nursing Standards and Practice. Jilid II. USA: Delmar Publishers.

Kozier, Erb. 1998. Fundamentals of Nursing. Philadelphia:J.B.

Lippincott Companys.

Purwaningsih W. 2003. Pengaruh Pemberian Terapi Bermain

Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi

Pada Pasien Anak Usia Sekolah. Disertasi. Malang.

Whaley and Wong.1995. Nursing Care of Infanst and Children. 4th edition Philadelphia: Mosby Year Book, Inc.

Wong, Donna L. 1998. Maternal Child Nursing Care. USA: Mosby Year Book




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v2i3.1023

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats