KEPUASAAN PENGGUNA BERDASARKAN KINERJA LULUSAN D-3 KEBIDANAN

Sumi Anggraeni, Yoni F Syukriani, Firman F, Wirakusumah ., Tina Judistiani

Abstract


Lulusan kebidanan yang berkualitas harus dibuktikan dengan kinerja yang baik dan memberikan kepuasan kepada pengguna. Kepuasan pengguna diperoleh apabila kenyataan kinerja lulusan sesuai dengan harapan yang meliputi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan penampilan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara kinerja lulusan D-3 kebidanan dengan kepuasan atasan pengguna.

Penelitian dilakukan di Kabupaten Pringsewu selama bulan Februari-Maret 2013 dengan rancangan potong lintang dan didapatkan 46 responden. Data yang terkumpul dilakukan analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney dan Korelasi Rank Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kepuasan atasan pengguna antara lulusan D-3 kebidanan STIKes Muhammadiyah dan Poltekkes Tanjungkarang (p<0,05). Berdasarkan analisis korelasi terdapat korelasi positif yang bermakna antara kinerja lulusan D-3 kebidanan dengan kepuasan atasan pengguna (p<0,05) dengan keeratan korelasi lulusan D-3 kebidanan STIKes Muhammadiyah dimensi kehandalan (rs=0,775), daya tanggap (rs=0,689), jaminan (rs=0,659), empati (rs=0,726), penampilan fisik (r s=0,691) dan lulusan D-3 kebidanan Poltekkes Tanjungkarang dimensi kehandalan (rs=0,933), daya tanggap (rs=0,973), jaminan (rs=0,976), empati (rs=0,985), penampilan fisik (rs=0,873). Simpulan dalam penelitian adalah kepuasan atasan pengguna terhadap lulusan D-3 kebidanan Poltekkes Tanjungkarang lebih tinggi dibandingkan lulusan STIKes Muhammadiyah. Semakin baik kinerja lulusan D-3 kebidanan, semakin tinggi kepuasan atasan pengguna.


Keywords


Kepuasan atasan pengguna, kinerja, Poltekkes Tanjungkarang, STIKes Muhammadiyah.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012. Tentang pendidikan tinggi.

Djamrah SB, Zain A. Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2002.

Pusdiknakes. Petunjuk teknis penyelenggaraan pendidikan

jenjang pendidikan tinggi pendidikan tenaga kesehatan. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan. 2004.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Akreditasi program studi diploma III. Direktori Umum Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998.

Lubis MS. Evaluasi lulusan D-4 bidan pendidik Unpad ditinjau dari kurikulum (Suatu penelusuran alumni D-4 bidan pendidik Unpad Bandung. Tesis. Bandung: Universitas Padjadjaran. 2009.

Laporan bagian kemahasiswaan STIKes Muhmammadiyah Pringsewu tahun 2011.

Hariyati S. Pengembangan peserta didik. Jakarta: PT Refika Aditama. 2008.

Christian. Analisis kepuasan pengguna terhadap kinerja

lulusan teknik industri. Universitas Kristen Petra Sumatera Utara. Tesis. 2009.

Parasuraman, Zeithaml, Berry LL. Delivering quality services. New York: The Free Press a Division of Macmillan inc. 1996.

Herpratiwi. Evaluasi kinerja lulusan DII PGSD peningkatan mutu dalam proses pembelajaran di Universitas Lampung. Tesis. 2003.

Mangkunegara AP. Manajemen sumber daya manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2001.

Sahyar. Pengaruh kompetensi dosen dan proses pembelajaran terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Negeri Medan. Pekbis jurnal Vol 1. No. 3 November 2009: 131-139.

Wayan E, Ayu G. Tingkat kepuasan dosen, mahasiswa dan alumni terhadap kegiatan belajar di PS DIII keuangan dan perbankan Universitas Udayana. Jurnal bisnis dan kewirausahaan Vol. 8. No. 2. Juli 2012.

Robbins SP. Perilaku organisasi. Jilid I. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2003.

Maa’idah UN. Analisis kepuasan pengguna lulusan Akafarma Sunan Giri Ponorogo terhadap kompetensi dan kesiapan lulusan di apotek Kabupaten Ponorogo. Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Tesis. 2012.

Hedrajana. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rawat jalan di RSUD Moewardi Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tesis. 2005.

Wahyudin. Studi tentang kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Islam Manisrenggo. Jurnal pelayanan kesehatan. ISSN 1411-3422 Vol. 3 No. 2 pp 65-74. 2008.

Muslim M. Kepuasan pelanggan terhadap kualitas kerja analis kesehatan di laboratorium Rumah Sakit Kalimantan Selatan. Jurnal Al-Ulum Vol. 42 No. 24 Oktober 2009. Hal 14-21.

Kottler P, Lane KL. Manajemen pemasaran. Edisi ke-12. New Jersey: Pearson Prentice Hall Indeks. 2007.

Tjiptono F, Candra G. Service quality satisfaction. Jakarta: Penerbit Andi. 2004.

Utami MM, Hanum AN. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi word of mouth mahasiswa Unimus. Jurnal bisnis dan kewirausahaan Vol. 1 No. 1 Juli 2010.

Giffin J. Customer loyalty how to earn it, how to keep it. Singapore Lexington Books. 2002.

Huriyati R. Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Alfabeta. 2010.

Hafizurrahman. Pelayanan pelanggan di rumah sakit. Majalah Kedokteran Indonesia. 51 (7) 261-270. 2001.

Anjaryani WD. Kepuasan pasien rawat inap terhadap pelayanan perawat di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Diponegoro. Tesis. 2009.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v2i4.1027

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats