TIPE KEPRIBADIAN DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER

Elmi Nuryati

Abstract


Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomer satu di dunia. Penyakit ini bukan hanya menjadi masalah di negara maju, tetapi juga negara berkembang termasuk Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah Diketahuinya hubungan tipe kepribadian dengan kejadian penyakit jantung koroner di Indonesia Tahun 2012.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan desain studi crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota rumah tangga (individu) yang ada dalam data Riskesda 2007. Semua responden berjenis kelamin laki-laki dan wanita yang memiliki penyakit jantung yang berumur 15 tahun sampai 75 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini 2957 responden.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara tipe kepribadian dengan penyakit jantung koroner (nilai p value < 0,05) setelah dikontrol dengan umur, merokok dan obesitas. resiko penyakit jantung yang dapat dicegah dengan mereduksi tipe kepribadian adalah 3,03%.

Hasil tersebut mengindikasikan perlunya memperbaiki upaya survey kesehatan khususnya pada kasus-kasus beresiko sehingga akan membantu mengurangi angka kesakitan dan kematian pada karena penyakit kardiovaskuler.


Keywords


tipe kepribadian, jantung koroner

Full Text:

PDF

References


Madjid A. (2007). Penyakit Jantung Koroner: Patofisiologi, Pencegahan dan Pengobatan Terkini. Universitas Sumatera Utara

Anna LK. (2011). Kepribadian Tipe A Rentan Serangan Jantung. Artikel Kompas.

Gibson. (1996). Organisasi Perilaku, Struktur dan Proses, Binarupa Aksara, Jakarta

Smeltzer. (2001). Keperawatan Medikal Bedah, Edisi 8. Penerbit Buku Kedokteran EGC

Rothman. (1995). Epidemiologi Modern, Yayasan Pustaka Nusatama

Robbins dan Judge. (2007). Perilaku Organisasi, Salemba empat, Jakarta

Keenan LN, Yoon WP, Kuklina VE. (2010). Prevalence of Coronary Heart Disease Risk Factors and Screening for High Cholesterol Levels Among Young Adults, United States, 1999–2006. Division for Heart Disease and Stroke

Djohan TB. (2004). Penyakit Jantung Koroner Dan Hypertensi. Ahli Penyakit Jantung Fakultas Kedokteran

Universitas Sumatera Utara




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v2i4.1028

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats