STATUS EKONOMI MEMPENGARUHI KEJADIAN POST PARTUM BLUES ECONOMY STATUS RELATIONSHIP POST PARTUM BLUES

Desi Ari Mardiyanti

Abstract


Status sosial ekonomi adalah salah satu variabel yang mempunyai pengaruh terhadap kejadian postpartum blues karena status sosial ekonomi tidak hanya pada penghasilan tetapi pada pendidikan, pekerjaan dan gaya hidup seseorang (WHO, 2008). Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Patel (2002) dalam WHO (2008) menyatakan bahwa pengangguran dan sosial ekonomi yang rendah secara signifikan terkait dengan depresi postpartum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan status ekonomi dengan kejadian post partum blues. Desain penelitian ini menggunakan desain kuatitatif dengan pendekatan crosssetional Sampel dalam penelitian ini adalah ibu nifas sebanyak 70 orang. Alat ukur menggunakan kuesioner wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan status ekonomi dengan kejadian post partum blues (Ï=0.012). Secara statistik diperoleh nilai OR= 4,76 yang berarti bahwa responden yang penghasilannya kurang baik mempunyai risiko 4.76 kali untuk terjadinya Post Partum blues dibandingkan pada responden yang Status Ekonomi Keluarganya baik (>Rp.1.165.000,-/ bulan)


Keywords


ekonomi, post partum blues

Full Text:

PDF

References


Takahashi Y, K. T. Factors Associated With Early Postpartum Maternity Blues And Depression Tendency Among Japanese Mothers With Full-Term Healthy Infants. Nagoya J Med Sci. 2014;76:10.

Ko YL, Yang CL, Chiang L. Effects of Postpartum Exercise Program on Fatigue and Depression During "Doing-the-iVlonth" Period. Journal of Nursing Research. 2008;16(3):10.

Suryani, Manurung S, Lestari TR, Miradwiyana B, Karma A, Paulina K. Effectiveness Listenend in Music Therapy against Postpartum Blues Prevention on Primipara Mother at

Midwifery Room RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat Buletin Penelitian Sistem Kesehatan Republik Indonesia. 2011;14(1):7.

Fatimah S. Hubungan Dukungan Suami dengan Kejadian Post Partum Blues Pada Ibu Primipara di Ruang Bugenvil RSUD Tugurejo Semarang. Semarang: Universitas DIponogoro; 2009.

Adewuya AO. The Maternity Blues in Western Nigerian Women: Prevalence and Risk Factors. American Journal of Obstetric and Gynecology. 2005;193:5.

Robertso E, Grace S, Wallington T, Stewart. DE. Antenatal risk factors for postpartum depression: a synthesis of recent literature. General Hospital Psychiatry. 2004;26:7.

Elvira. S. D. Depresi Pasca Persalinan. Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2006.

Warren. P.L., McCarthy. G , Corcoran. P. First-time mothers: social support, maternal parental self-efficacy and postnatal depression. Journal of Clinical Nursing. 2009;1(1):10.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v3i6.1048

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats