HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN TINGKAT STRESS PADA REMAJA

Retno Yuli Hastuti, Erlina Nur Baiti

Abstract


Masa remaja merupakan masa dimana terjadi perubahan baik perubahan hormon, fisik, psikologis maupun sosial sehingga sering menyebabkan pergolakan emosi. Dampak pergolakan emosi akan mengakibatkan minimnya kemampuan remaja untuk mengontrol emosi sehingga berisiko mengalami stress. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengelola emosi dan merupakan salah satu faktor yang dapat meminimalisir stress. Kejadian stress pada remaja di Provinsi Jawa Tengah yaitu sebesar 4,7%. Stress pada remaja SMK disebabkan oleh beberapa hal yaitu masalah di sekolah, perbedaan argumen antara orangtua dan anak serta hubungan dengan teman sebaya.  Mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat stress pada remaja di SMK N 1 Jogonalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimental, dengan desain penelitian cross sectional. Responden penelitian terdiri dari 85 siswa SMK N 1 Jogonalan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah kendall tau. Ada hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat stress pada remaja di SMK N 1 Jogonalan. Hasil analisis dengan uji kendall tau didapatkan p value = 0,000 berarti p value< 0,05. Nilai koefisien korelasi atau nilai r = 0,867 menunjukkan korelasi negatif yang sangat kuat. Kesimpulan: Ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan tingkat stress pada remaja di SMK N 1 Jogonalan.


Keywords


Kecerdasan emosional, Tingkat stress, Remaja

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad & Mohammad Asrori. 2014. Prikologi Remaja. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arifah, Fitria Nurri. 2015. Faktor-Faktor Psikologis yang Mengurangi Stress. Tersedia dalam: https://www.kompasiana.com/fitrianurriafivah/faktor-faktor-psikologis-yang-mengurangi-stres_54f43fbf745513792b6c888f [diakses pada tanggal 31 Maret 2018, jam 13.31]

Aryani, Dewi & Dewi Trihandayani. 2016. Pengaruh Islamic Parenting dan Coping Stress terhadap Motivasi Berprestasi pada Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi: Kajian Empiris & Non-Empiris Vol. 2 No. 1, 2016. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA.

Asyik, Fatmawati M., Amatus Yudi I.& Abram Babakal. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Remaja di Kelurahan Soasio Kota Tidore Kepualuan. Ejournal Keperawatan (e-Kp) Volume 3 Nomor 2 Mei 2015. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Barseli, Mufadhal & Ifdil Ifdil. 2017. Konsep Stress Akademik Siswa. Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan Volume 5 Nomor 3, 2017. DOI: https://doi.org/10.29210/119800

Badan Pusat Statistika. 2016. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Provinsi Jawa Tengah. Tersedia dalam: https://jateng.bps.go.id/statictable/2017/10/26/1535/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-provinsi-jawa-tengah-2015-2016.html [diakses pada tanggal 14 Februari 2018, jam 15.38]

Badan Pusat Statistika. 2016. Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Klaten. Tersedia dalam: https://klatenkab.bps.go.id/statictable/2015/09/11/70/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kabupaten-klaten-tahun-2015.html [diakses pada tanggal 14 Februari 2018, jam 15.54]

Batubara, Jose R. L. 2010. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Departemen Ilmu Kesehatan Anak, RS Dr Cipto Mangunkusumo. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta.

Dewi, Rizki Cintya, Anisa O.& Lintang Dewi S. 2015. Teori & Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak dan Usia Remaja. Yogyakarta: Nuha Medika.

Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Medika.

El-Aziz, Khimadatul Mauliah. 2017. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stress Remaja pada Tahun Pertama di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Skripsi, Universita ‘Aisyiyah Yogyakarta. Dipublikasikan

Ema, Arnoldina M., Farida Halis Dyah K. & Esti Widiani. 2016. Hubungan Tingkat Stress dengan Kejadian Insomnia pada Remaja Pengguna Media Sosial di MTS Muhammadiyah 1 Malang. Nursing News Volume 2, Nomor 3, 2017. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang

Faisal, Amir & Zulfanah. 2008. Menyiapkan Anak Jadi Juara. Jakarta: PT. Gramedia.

Fatimah, Siti. 2016. Efektivitas Konseling Kognitif-Perilaku untuk Mereduksi Stres Akademik Peserta Didik Kelas XI Farmasi SMK Al-Wafa Ciwidey Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 06, No. 01, 2016. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayat, A., Aziz Alimul. 2014. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Karmiana, Novia. 2016. Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Penyesuian Diri Mahasiswa Perantauan Asal Lampung. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dipublikasikan.

Lestari, Septiana Dwi. 2016. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Stress dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dipublikasikan.

Lovibond, SH & Lovibond PF. 1995. Manual for the Depression Anxiety Stress Scales (2nd Ed.). Sydney: Psychology Foundationhttp://integratedhealthcareclinic.com/PCassessments/PCAssessmentAnxiety.pdf [diakses pada tanggal 26 Februari, jam 11.30]

Marsela, Pipit Ayu & Meidiana Dwidiyanti. 2017. Gambaran Tingkat Kecerdasan Emosi Mahasiswa Bidikmisi di Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Jurusan Keperawatan. Universitas Diponegoro

Mubarak, Wahit Iqbal, Lilis Indrawati & Joko Susanto. 2015. Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta: Salemba Medika.

Muhith, Abdul. 2015. Pendidikan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Mu’tadin, Zainun. 2010. Mengenal Kecerdasan Emosional Remaja. Tersedia dalam: http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/mengenal-kecerdasan-emosional-remaja/ [diakses pada tanggal 15 Februari, jam 21.09]

Ngaeni, Nurus Syarifatul. 2016. Tersedia dalam: http://www.psikoma.com/tips-mengatasi-stres-pada-remaja/ [diakses pada tanggal 15 Februari 2018, jam 19.48]

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalim, Alvin. 2017. Tanda-Tanda Stress pada Remaja. Tersedia dalam: http://www.klikdokter.com/rubrik/read/3062702/tanda-tanda-stres-pada-remaja [diakses pada tanggal 15 Februari 2018, jam 19.03]

Pieter, Herri Zan & Namora Lumongga Lubis. 2010. Pengantar Psikologi dalam keperawatan. Jakarta: Prenada Media Group.

Prabowo, Eko. 2014. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.

Priyoto. 2014. Konsep Manajemen Stress. Yogyakarta: Nuha Medika.

Putri, Dhian Riskiana. 2016. Peran Dukungan Sosial dan Kecerdasan Emosi terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Remaja Awal. Jurnal Indigenous. Stikes Kusuma Husada. Dipublikasikan. ISSN: 0854-2880

Rahmawati, Weni Kurnia. 2016. Efektivitas Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Indonesia Vol. 3 No. 1, Oktober 2016. IKIP PGRI Jember.

Riskesdas. 2013. Hasil Riskesdas 2013. Jakarta: Badan Peneliti dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI.

Riwidikdo, Handoko. 2012. Statistik Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Saam, Zulfan & Sri Wahyuni. 2012. Psikologi Keperawatan. Jakarta: Rajawali Pers.

Santosan, Dawud Luki. Hubungan antara Konsep Diri dengan Tingkat Stress pada Remaja di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Skripsi, Stikes Muhammadiyah Klaten. Tidak Dipublikasikan.

Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Offset.

Sugiyanti, Desi Ari, Enik Suhariyanti & Sigit Priyanto. 2017. Pengaruh Guide Imagery dalam Menurunkan Stress Siswa Menghadapi Proses Boarding School di SMK Kesdam IV Kota Magelang. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2015. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V., Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriadi, Dedes, Atti Yudiernawati & Yanti Rosdiana. 2017. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perkembangan Sosial pada Remaja di SMP Wahid Hasyim, Malang. Nursing News Volume 2, Nomor 3, 2017.Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Dipublikasikan.

Surono, Nur Ikhsan Nafiana. 2016. Hubungan Perilaku Alkoholik dengan Kecerdasan Emosional Remaja di Desa Metuk, Mojosongo, Boyolali. Skripsi, Stikes Muhammadiyah Klaten. Tidak Dipublikasikan.

Sutjiato, Margareth, G. D. Kandou & A. A. T. Tucunan. 2015. Hubungan Faktor Internal dan Eksternal dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. JIKMU, Vol, 5. No, 1 Januari 2015. Universitas Sam Ratulangi Manado. Dipublikasikan.

Tim Penulis Poltekkes Depkes Jakarta. 2010. Kesehatan Remaja: Problem dan Solusinya. Jakarta: Salemba Medika.

Warih, R. 2017. Stres Pada Remaja serta Bagaimana Mengatasinya. Tersedia dalam: https://hipnoterapi.co.id/stres-pada-remaja-serta-mengatasinya.html [diakses pada tanggal 23 Februari jam 14.39]

Wulandari, Retno Kusuma. 2017. Pengaruh Pemberian Terapi Tertawa terhadap Tingkat Stress Pelajar SMA Program Full Day School di SMA Muhammadiyah 1 Klaten. Skripsi, Stikes Muhammadiyah Klaten. Tidak Dipublikasikan.

Yuliana, Siti & Eni Hidayati. 2015. Pengaruh Terapi Musik untuk Penurunan Tingkat Stress pada Remaja di Yayasan Panti Asuhan Kyai Ageng Majapahit Semarang. University Research Colloquium 2015. Universitas Muhammadiyah Semarang. ISSN: 2407-918




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v8i2.1057

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats