TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM DAPAT MENURUNKAN INTENSITAS NYERI PADA PASIEN POST OP SECTION CAESAREA

Manzahri .

Abstract


Teknik relaksasi nafas dalam adalah suatu tindakan untuk membebaskan mental dan fisik dari ketegangan dan stress sehingga dapat meningkatkan toleransi. Tujuan penelitian untuk menurunkan intensitas nyeri pada pasien post op Section Caesarea. Jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi experiment dengan rancangan pre and post test. Sampel yang digunakan berjumlah 14 responden di RSU Kartini Kalirejo 2017. Hasil penelitian diperoleh bahwa penurunan intensitas nyeri sebesar 2,14. Uji statistic menunjukan hasil p value = 0,000 pada = 0,05 yang berarti bahwa ada Pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan intensitas nyeri pada pasien postop sectio caesarea di RSU Kartini Kalirejo Tahun 2017. Diharapkan perawat sebagai care provider disarankan untuk mengaplikasikan teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien PostOp Sectio Caesarea. Perawat juga sebaiknya membiasakan diri untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan standar operasional prosedur.

Keywords


Teknik Relaksasi, Nyeri, Pasien Post OpSection Caesarea

Full Text:

PDF

References


Afifah, R. A. (2016). Hubungan Mobilisasi Dini dengan Tingkat Nyeri pada Pasien Pasca Operasi Appendiksitis Di Rumah Sakit Kabupaten Pringsewu Tahun 2016 STIKes Muhammadiyah Pringsewu, Pringsewu.

Agung.et.al., S. (2013). Terdapat Pengaruh Pemberian Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Operasi Dengan AnestesI Umum Di Rsud Dr. Moewardi Surakarta. INFOKES,3.

Borley, P. A. G. n. R. (2006). At A Glance Ilmu Bedah (a. safitri Ed. 3 ed.): erlangga.

Chayatin, W. I. M. N. (2007). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia : Teori & Aplikasi Dalam Praktik (E. A. Mardella Ed.). Jakarta: EGC.

Dirjen Bina Gizi KIA. (2015). SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. http://www.pusat2.litbang.depkes.go.id/pusat2_v1/wp content/uploads/2015/12/SDGs-Ditjen-BGKIA.pdf

Handayani, S. (2015). Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Intensitas Nyeri Post Operasi Sectio Caesarea Di Rsud Dr.

Moewardi Surakarta. STIKes Kusuma Husada, Surakarta.

Hidayat, A. A. A. (2013). Buku Saku Praktikum Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Jitowiyoano, w. k. s. (2010). Asuhan Keperawatan Post Operasi. Yogyakarta: Muha Medika.

Kementrian kesehatan republik indonesia. (2015). HEALTH STATISTICS. http://www.depkes.go.id/resources/download/lain/RAP%20Setjen%202015-2019. PDF di download pada 15 mei 2017

Kumalasari, A. M. (2009). Asuhan Keperawatan Perioperatif: Konsep, Proses, dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Lukman, T. V. (2013). Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Intensitas Nyeri Pada Pasien Post-Operasi Sectio

Caesaria Di Rsud. Prof. Dr. Hi. Aloei Saboe Kota Gorontalo.

Marlina. (2016). Faktor Persalinan Sectio Caesarea Di Rumah Sakit Imanuel Bandar Lampung. 58 Jurnal Kesehatan, VII, 57-65.

Ningsih, D. A. et.al,. (2013). Relaksasi Pernapasan Menurunkan Nyeri Pada Ibu Seksio Sesarea. Jurnal Media Kesehatan, 6.

Patasik, K. C.(2013) Efektifitas Teknik Relaksasi Nafas Dalam Dan Guided Imagery Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea Di Irina D Blu Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado.Ejurnal keperawatan, Manado.

Potter & Perry. (2006). Fundamental Keperawatan : Konsep, proses, dan praktik (4 ed. Vol. II). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Reeder, S. J. (2014). Keperawatan Maternitas Kesehatan Wanita, Bayi, & keluarga (E. A. Mardela Ed. 18 ed. Vol. 1). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Smeltzer, S. C. (2002). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah (8 ed. Vol. I). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Gava Media.

Wibowo, G. A. (2012). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Intensitas Nyeri Pada Penderita Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Di Poli Saraf Rsud Banyumas. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta Surakarta.

Widiatie, W. (2015). Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Ibu PostSecsio Secarea Di Rumah Sakit Unipdu Medika Jombang. Jurnal Edu Health, 5.

Wijayarini, M. A. (2004). Buku Ajar Keperawatan Maternitas (R. Komalasari Ed. Vol. 4). Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Wulandari, H. R. (2015). Efektivitas Teknik Relaksasi Napas Dalam Terhadap Intensitas Nyeri Pada Ibu Post Sectio Caesarea Diruang Seureunee 3 Rumah Sakit Umum Daerahrn dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, banda aceh. Retrieved from http://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=15591&page=81




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v6i2.1110

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats