PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER,VIDEO DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN SISWA DALAM MENCUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN

Yusnita ., Nurmaria .

Abstract


Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan bahwa perilaku cuci tangan pakai sabun masyarakat masih rendah, demikian juga pada anak usia sekolah, baru 17% yang melakukan cuci tangan menggunakan sabun dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media visual dan audiovisual terhadap cuci tangan pakai sabun di SD IT Insan Taqwa Lampung. Jenis penelitian kuantitatif, desain ekspeimen semu ( quasy eksperiment) dengan rancangan pre-test post test desain. Sampel berjumlah 75 orang terbagi dalam tiga kelompok yaitu media poster, video dan leaflet masing-masing 25 orang. Analisa data dilakukan uji T defendant untuk pre post penelitian di masing-masing kelompok. Dan uji Anova untuk mengetahui pengaruh pendidikan antara media poster, video, dan leaflat. Hasil uji T dependent skor pada media poster 17,32, video 62,60, leaflate 17,20 hasil uji Anova menunjukkan nilai t = 0,000 pada post test ke tiga kelompok berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan setelah diberikan pendidikan kesehatan nilai rata-rata poster 17,32, video 62,60 dan leaflate 17,20. Nilai rata-rata video lebih tinggi. Disarankan kepada petugas promosi kesehatan menggunakan media video untuk melakuakn promosi kesehatan cuci tangan pakai sabun.


Keywords


Pendidikan kesehatan, Media promosi kesehatan

Full Text:

PDF

References


Conner and Norman. (2003). Predictiong

health behaviour, research and practice with social cognition model.

Buckingham: Open Univeristy Press. Fristiawan. (2010). Macam-macam model dalam mengajar. Jakarta: Primakarya. Ginintasari. (2013). Efektifitas konseling kesehatan individu terhadapan kesehatan para petugas penegak hukum. Tesis: UGM Yogyakarta.

Hastono. (2010). Analisa data kesehatan. Jakarta: FKM UI.

Instalasi Gizi Perjan RS Dr. Cipto Mangunkusumo & Asosiasi Dietisien Indonesia (2004). Penuntun diet. Jakarta: PT Gramedia Pusat Utama.

Kemenkes RI. (2007). Modul dasar penyuluhan kesehatan masyarakat indonesia. Jakrta: PT Gramedia Pusat Utama.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alvabela.

Suara.com. (2015). Jumlah penderita diabetes mellitus Indonesia terbanyak ke-5 di dunia. Dikutip tanggal 15 Maret2016. Dari http://www.suara.com/health/2015/04/2 5/200000/jumlah-penderita-diabetes-indonesia-terbanyak-ke-5-di-dunia

Tarwoto,dkk. (2012). Keperawatan medikal bedah gangguan sistem endokrin. Jakarta: Trans Info Media.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v5i9.1129

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats