PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PREOPERASI KANKER PAYUDARA

Tri Wijayanto

Abstract


Abstrak : Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Kecemasan  Pada Pasien Preoperasi Kanker Payudara. Kecemasan merupakan kekhawatiran yang tidak jelas disertai oleh perasaan takut, pasien yang akan menjalani pembedahan pada umumnya mengalami cemas dari mulai ringan sampai berat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kecemasan pada pasien preoperasi kanker payudara di RSUD Pringsewu tahun 2015. Desain penelitian ini menggunakan quasi eksperimen semu dengan rancangan pre and post test without control. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien preoperasi kanker payudara yang mengalami kecemasan dan jumlah sampel sebanyak 32 responden. Uji statistik yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian analisis univariat didapatkan bahwa pasien preoperasi kanker payudara di RSUD Pringsewu sebelum diberikan pendidikan kesehatan sebagian besar mengalami cemas sedang (59,4%), dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan paling banyak mengalami cemas ringan (40,6%), sedangkan analisa bivariat didapatkan ada pengaruh signifikan pendidikan kesehatan terhadap kecemasan pasien preoperasi kanker payudara dengan p value 0,001< α (0,05). Disarankan agar perawat memberikan pendidikan kesehatan pada pasien-pasien yang akan menjalani pembedahan untuk mengurangi kecemasan.


Keywords


Pendidikan Kesehatan Preoperatif, Kanker Payudara, Kecemasan.

Full Text:

PDF

References


Smeltzer & bare. 2002. Medical surgical nursing. EGC: Jakarta.

Price & Wilson. 2006. Patofisiologi konsep klinik proses penyakit. EGC: Jakarta.

Amier, H & Djawarut, H., 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri Pada Siswa Smk Pgri Kabupaten Pangkep. Http:/library.stikesnh.ac.id. Diakses tanggal 23 pebruari.

Riskesdas. 2007. Riset dasar kesehatan tahun 2007. https://www.k4health.org/sites/default/files/laporanNasional%20R iskesdas%202007

Riskesdas. 2013. Riset dasar kesehatan

http://www.litbang.depkes.go.id/sites.Diakses tanggal 15 pebruari 2015.

Potter & Perry. 2010. Fundamental keperawatan. Salemba Medika: Jakarta.

Bruggink,L.,2010. Improving Preoperative Education In Breast Cancer Patients: The Influence Of Monitoring And Blunting Coping.

Hartati, A.S., 2008. Konsep Diri Dan Kecemasan Wanita Penderita Kanker Payudara Di Poli Bedah Onkologi Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan. Fakultas kedokteran sumatera utara: Medan.

Stuart, G. W., 2006. Buku saku keperawatan jiwa.EGC: Jakarta.

Manurung, S., Tarwoto & Dinarti., 2006. Pendidikan kesehatan dalam praktik keperawatan maternitas. Cv. Tras info media: Jakarta.

Koziern, et. al., 2010. Fundamental keperawatan.EGC: Jakarta.

Arifah, S & Trise, N., 2012. Pengaruh Pemberian Informasi Tentang Persiapan Operasi Dengan Pendekatan Komunikasi Teraupetik Terhadap Tingkat Kecemasan Pre Operasi Di Ruang Bougenville Rsud Sleman. http://journal.akbideub.ac.id/index.php /jkeb/article/view/54. Diakses tanggal 12 pebruari 2015.

Sawitri, E & Sudaryanto, A., 2004. Pengaruh Pemberian Informasi Pra Bedah Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pra Bedah Mayor Rsui Kustati Surakarta .http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/123456789/461/1c.pdf?sequence=1Diakses tanggal 12 pebruari.

Hastono, S.P. (2007). Analisis data kesehatan (Basic data analysis for health research training). Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Dharma, K. K.., 2011.Metodologi penelitian keperawatan. CV Trans Info Media: Jakarta.

Asmadi, 2009. Teknik Prosedural Keperawatan Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Salemba Medika: Jakarta.

Virda, E & Parka, PA., 2014. Pengaruh Health Education Dengan Metode Leaflet Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Di RSUD Prof. Dr. Soekandar Kabupaten Mojokerto.

Lukman,2010.Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Kecemasan Pasien Preoperasi DiRumah Sakit Dr. Mohammad Hosein Pelembang Tahun 2010.

Dwy, 2009. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Di Ruang Mawar Rsud Sragen Tahun 2009.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v6i1.1142

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats