HUBUNGAN RESPONSIVENESS DAN ASSURANCE DENGAN KEPUASAN PASIEN PEMEGANG (KIS) KARTU INDONESIA SEHAT

Dian utama pratiwi putri

Abstract


Abstrak: Hubungan Responsiveness Dan Assurance Dengan Kepuasan Pasien Pemegang (Kis) Kartu Indonesia Sehat. Salah satu bentuk kepuasan adalah peningkatan kunjungan pasien. beberapa karakteristik yang digunakan untuk melihat kepuasan pasien adalah daya tanggap dan jaminan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tanggap dan jaminan terhadap kepuasan pasien pemegang kartu sehat Indonesia di Puskesmas rawat inap Seputih Banyak 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional Survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 responden. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling, sampling atau responden yang kebetulan tersedia adalah 85 responden. Berdasarkan uji statistik, diketahui bahwa p-value <0,05 (Responsiveness = 0,042, Assurance = 0,003), yang berarti responsivitas dan kepastian hubungan terhadap kepuasan pasien pemegang Kartu Sehat Indonesia di Puskesmas Rawat Inap Seputih Banyak 2018. Petugas diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan sebagai respon dan jaminan untuk meningkatkan kepuasan pasien.


Keywords


Jaminan, Kepuasan Pasien, Responsif.

Full Text:

PDF

References


BIBLIOGRAPHY Arikunto Suharsimi. 2010. Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Budiastuti. 2012. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Jurnal (online) http://eprints.ums.ac.id[diakses tahun 2015]

Data Profil UPTD Puskesmas Rawat Inap Seputih Banyak. 2017.

Data Profil. Lampung Tengah Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2016.

Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta Dinkes Provinsi Lampung. 2015.

Profil Data Kesehatan Provinsi Lampung. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Lampung Dinkes Provinsi Lampung. 2016.

Profil Data Kesehatan Provinsi Lampung. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Lampung

Gde Muninjaya. 2015. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta :EGC

Kementrian Kesehatan. 2015 Like, dkk. Analisi Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Jurnal Kesehatan Masyarakat (online) HYPERLINK "https://ejournal.unsrat.ac.id"https://ejournal.unsrat.ac.id [diakaes tahun 2015]

Nilaika. 2012. Faktor – Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelayanan kesehatan pasien rawat inap di RSUD Sukoharjo. Jurnal(online) HYPERLINK https://digilib.uns.ac.id https://digilib.uns.ac.id [diakses tahun 2014]

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2009. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014

Pohan, Imbalo S. 2015. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta : EGC

Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2011. Tentang Kesehatan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial

Undang-Undang Republik Indonesia No. 36 Tahun 2009. Tentang Kesehatan.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2004. Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional

Verania Umbara. 2017. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal (online) HYPERLINK "http://eprints.ums.ac.id"http://eprints.ums.ac.id [diakses tahun 2017]

Wahyu, dkk. 2017. Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal (online) HYPERLINK

"http://eprints.ums.ac.id"http://eprints.ums.ac.id[diakses tahun 2017

Zahry, dkk. 2016. Aspek Hukum KartuIndonesia Sehat. Jurnal (online) HYPERLINK https://ejournal.unair.ac.id https://ejournal.unair.ac.id [diakses tahun 2017




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v6i1.1147

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats