TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK DENGAN KEBERHASILAN PEMASANGAN INFUS

Eka Listianingsih, Desi Kurniawati, Pira Prahmawati

Abstract


Prosedur medis seperti pemasangan infus yang menimbulkan dampak trauma berkepanjangan pada anak. Respon anak selama dirawat di rumah sakit yang paling menonjol adalah kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hubungan tingkat kecemasan pada anak dengan tindakan pemasangan infus di RS. Surya Asih Pringsewu tahun 2019. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien anak yang dirawat dan dilakukan pemasangan infus yang berusia 3 sampai 12 tahun, jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 96 orang. Teknik Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi tingkat kecemasan. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan tingkat kecemasan pada anak dengan keberhasilan pemasangan infus di RS. Surya Asih Pringsewu Tahun 2019, dengan p-value = 0,000 <α = 0,05.Peneliti menilai sebaiknya anak perlu mendapatkan perhatian keluarga agar kecemasan anak tidak berlebihan dan perawat dapat melakukan pemasangan infuse dengan sekali tusuk. Selain itu, untuk mengurangi kecemasan pada anak petugas kesehatan juga dapat memberikan permainan kepada anak, agar tingkat kecemasan yang dimiliki berkurang


Keywords


Tingkat Kecemasan, Keberhasilan Pemasangan Infus

Full Text:

PDF

References


Aziz AH, Uliyah M. (2013). Kebutuhan Dasar Manusia Buku Saku Praktikum. Jakarta : EGC

Christine, M. (2010). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Respon Cemas Anak Usia Sekolah terhadap Pemasangan Intravena di Rumah Sakit Advent Medan. Skripsi. Medan : Universitas Sumatra Utara

Efendi. M. (2016). Hubungan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Anak Dengan Keberhasilan Pemasangan Infus Diklinik Pratama Ridho Husada. Skripsi. Pesawaran : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah.

Hasyim DI., Saputri, N (2019). Pendidikan Kesehatan Tanda Bahaya Bayi Baru Lahir Sebagai Upaya Pencegahan Morbiditas Dan Mortalitas Pada Bayi Baru Lahir. JPMT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik). Vol 2, No 1 (2019). DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.2.1.23-26

Nursalam dkk. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta" Salemba Medika

Pirnando E. (2017). Pengaruh Terapi Bermain Dokter-dokteran Terhadap Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Saat pemasangan Infus Diruang Anak Rumah sakit Wisma Rini. Skripsi. Pringsewu : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah.

Stuart, G. W. (2013). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Edisi : 5. Jakarta : EGC

Supartini Y. (2014). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : EGC

Wijayanti, Y., Saputri, N (2020). Mothers’ Knowledge for Following Activities of Children in the Health Care Community. Proceedings of the 1st International Conference on Science, Health, Economics, Education and Technology (ICoSHEET 2019). DOI https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200723.117




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v10i2.1479

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats