HUBUNGAN RIWAYAT STIMULASI MOTORIK HALUS TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

Yusnita ., Indry Yanti Azizah, Desi Kurniawati

Abstract


Stimulasi motorik halus merupakan kegiatan merangsang kemampuan dasar anak seperti baca dan tulis, dilakukan sebagai salah satu upaya mencerdaskan anak. Kemampuan perkembangan dengan menstimulasi motorik halus dapat mempengaruhi perkembangan menulis dan membaca anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara riwayat stimulasi motorik halus terhadap kemampuan baca tulis anak usia 5 – 6 tahun di TK Aisyiyah Ambarawa Pringsewu tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survei analitik dengan pendekatan Cros Sectional, teknik sampling yang digunakan yaitu Total Sampling dengan jumlah 70 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan analisis stastistik mengunakan Chis-quare (a = 0,05). Hasil penelitian, riwayat stimulasi motorik halus sebanyak 48 ( 68,6%) anak memiliki riwayat stimulasi motorik halus kategori kurang dan kemampuan baca tulis anak usia 5 – 6 tahun sebanyak 49 ( 70,0%) anak memiliki kemampuan baca tulis kategori kurang. Ada hubungan antara riwayat stimulasi motorik halus terhadap kemampuan baca tulis anak usia 5 – 6 tahun dengan hasil p-value 0,043<0,05. Terdapat hubungan riwayat stimulasi motorik halus terhadap kemampuan baca tulis anak usia 5 – 6 tahun. Penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi kepada responden untuk lebih memperhatikan riwayat stimulasi motorik halus terhadap kemampuan baca tulis anak usia 5 – 6 tahun

Keywords


Motorik halus, kemampuan baca tulis

Full Text:

PDF

References


Bowo, I., … A. S.-P. S., & 2021, undefined. (2021). Sosialisasi Uji Etik Penelitian Kesehatan Mahasiswa Berbasis IT di Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Jurnal.Darmajaya.Ac.Id, 13–17. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2924

Hasyim, D. I., & Saputri, N. (2021). Deteksi Dini dan Edukasi Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Balita di Desa Podomoro Kabupaten Pringsewu. JURNAL BAGIMU NEGERI, 5(1), 10–14. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/bagimunegeri/article/view/1459/811

Kemenkes. (2014). Profil Kesehatan Indonesia 2014. Jakarta Kemenkes.

Lilis, M. (2018). Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. Jurnal Endurance, 6. doi:http://doi.org/10.22216/jen.v3il.2488

Nunung, N., Catharina, S., & Borneo, P. A. (2017). Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah di TK At-Taqwa. Jurnal Keperawatan BSI, Voluime V No. 2, 9.

Poborini, A., Maulidha, & Larasati, D. (2017). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun Volume 1 Nomor 1, 51-70.

Saraswati. (2013). Diary Anakku memahami Tumbuh kembang anak usia 0 - 6 tahun Surabaya: Rona Publishing.

Shihiyah, Z., & Nidia, M. (2017). Permainan Dakon Writing Therapy Untuk Mengembangkan Kemampuan Dasar Menulis Anak Kelompok A Tk Aisyiyah 33 Surabaya. Jurnal Pedagogi, Volume 3 Nomor 3b 5.

Susenas. (2018). Profil Anak Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Retrieved from https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/74d38-buku-pai-2018.pdf

Sulistyawati, A. (2014). Deteksi Tumbuh Kembang Anak Jakarta Selatan: Salemba Medika

Warlenda VS, Marlina H, & R, R. (2019). Perkembangan Motorik Halus Balita Usia 3 - 4 Tahun di Paud Se- Kecamatan Rengat Barat. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Volume 14, 1-11.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v11i1.1617

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats