DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP DEPRESI PADA PASIEN LANSIA PASCA STROKE HEMORAGIK

Apri Budianto, Rita Sari, Rendi Setya Pratama

Abstract


Stroke adalah salah satu penyakit tidak menular yang menyebabkan angka kesakitan dan kecacatan yang tinggi, dengan demikian penderita rentan terhadap depresi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara dukungan Keluarga dengan kejadian depresi pada usia lanjut pasca stroke hemoragik. Peneliti menemukan bahwa penderita yang mengalami stroke juga mengalami depresi dengan tingkatan yang berbeda. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penderita stroke hemoragik dengan rentang usia > 55 tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Wates, dimana sampel dikumpulkan dengan metode total sampling sehingga jumlah sampel adalah keseluruhan dari jumlah responden di dalam populasi yang berjumlah 50 responden, yang kemudian diuji dengan teknik rank spearman. uji statistic dilakukan dan peneliti menemukan hasil antara kedua variabel dengan p-value (0,034) yang berarti < 5% (0,05). Terdapat hubungsn antara hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kejadian depresi pada penderita pasca stroke hemoragik di wilayah Kerja Puskesmas Wates Lampung 2021. Penderita stroke rentan terjadi depresi diakibatkan oleh minimnya dukungan keluarga, dimana keluarga yang melakukukan dukungan yang baik akan memperkuat kemampuan penderita post stroke untuk menjalani kegiatan sehari hari sehingga depresi dapat diminimalisir.

Keywords


dukungan keluarga, depresi, pascastroke

Full Text:

PDF

References


AHA, A. H. A. (2017). Heart Disease And Stroke-2017. American Heart Association update

Amir, N. (2016). Depresi Aspek Neurobiologi Diagnosis dan Tatalaksana: Badan Penerbit Fakultas KEdokteran Universitas Indonesia.

Azwarli, Astuti, & Erwinsyah. (2017). faktor resiko stroke di kota jambi tahun 2016. riset informasi kesehatan, volume 6.

Balitbangkes. (2018). Laporan Provinsi Lampung Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan

Cahyawaty, M. I. (2017). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU LANSIA DALAM MENGENTADILAK HIPERTENSI DI WILAYAH PUSKESMAS PILANGKENCENG KABUPATEN MADIUN. STIKES BHAKTI HUSADA MULIA, MADIUN.

Clavijo, L. C. (2015). Clinics Review Articles Cardiology Clinics Vaskular Desease (Vol. volume 33): University of Southern California.

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Medika.

Dharma, K. K. (2013). Metode Penelitian Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.

Friedman, M. M. (2013). Keperawatan Keluarga: Teori dan Praktik. Jakarta: EGC.

Futriani, & Pasaribu. (2019). faktor-faktor yang berhubungan dengan depresi pada pasien pasca stroke. jurnal antara keperawatan, volume 2.

Herawati, & Deharnitas. (2019). Hubungan Karakteristik dengan kejadian depresi pada lansia. jurnal keperawatan jiwa, volume 7.

Irwan. (2016). EPIDEMIOLOGI PENYAKIT TIDAK MENULAR (1 ed.). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Kartini, Murtiani, & Ilyas, M. (2013). hubungan dukungan keluarga dengan perubahan konsep diri pasen pasca stroke di poliklinik syaraf Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. volume 3.

Karuniawati, D. (2017). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA PASIE PASCA STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. MOEWARDI SURAKARTA. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Kemenkes. (2018). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia.

Lindsay, M. P., Norvving, B., Sacco, R. L., M.Brainin, Hacke, W., Martin, S., . . . V.Feigin. (2019). Global Stroke Fact Sheet 2019: World Stroke Organization.

Lubis, N. L. (2016). Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana.

Mansjoer, Suprohaita, Wardhani, & Setiowulan. (2010). Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta : Media Aesculapius.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Patu, Y. M., Wuysang, A. D., & Maricar, N. (2018). hubungn lesi hemister serebral dan derajat klinis kecemasan pada penderita stroke iskemik. Neuroma, Volume 36.

Price, S. A., & Wilson, L. M. (2012). Patofisiologi : konsep klinis proses-proses penyakit. Jakarta: EGC.

Siaga, A. A. (2019). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Tingkat Depresi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Yang Menjalani Terapi Hemodialisa Di Rumah Sakit Umum Derah

Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Siregar. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

VIka, W. N., Syarifah, A. S., & Rahmawati, M. (2017). hubungan status fungsional dengan tingkat depresi pada pasien stroke di ruang Flamboyan RSUD Jombang.

Wati, D. F., & Yanti, Y. (2018). Gambaran Dukungan Keluarga terhadap Perubahan Konsep Diri Pasien Pasca Stroke di Poli Neurologi Hanafiah Batusangkar. Real in Nursing Journal, volume 1.

Wibowo, J. A. (2016). faktor faktor yang berhubungan dengan kejadian depresi pada pasien pasca stroke. Universitas Muhammadiyah Semarang, Semarang.

Wurtiningsih. (2012). dukungan keluarga pasien stroke di ruang syaraf RSUP. Dr. Kariadi Semarang. med hosp, volume 1.

Yuliani, S. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (Adl) Pasien Pasca Stroke Poli Syaraf Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdoel Moeloek. SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKes) MUHAMMADIYAH

Harahap, S. (2015). Hubungan Kemampuan Fungsi Tubuh dan Dukungan Keluarga Dengan Depresi Pada Pasien Pasca Stroke. (Magister Ilmu Keperawatan), Universitas Sumatera Utara.

Karuniawati, D. (2017). Hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat depresi pada pasien pasca strokedi rumah sakit umum daerah dr. . (Prodi Pendidikan Dokter), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lubis. (2016). Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana.

Radiani, Z. F. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hiduo Lansia Yang Mengalami Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Mandalle Kabupaten Pangkep. (Prodi Ilmu Keperawatan), Universitas Hasanuddin.

Reni, Suryani, & Sasmita, H. (2020). Analisa Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Depresi Pascastroke di Rumah Sakit Stroke Nasional (RSSN) Bukit Tinggi. Jurnal Kesehatan Mercusuar, vol 3.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v11i1.1619

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats