SOSIAL EKONOMI BERHUBUNGAN DENGAN MENIKAH USIA DINI PADA REMAJA PUTERI DI WILAYAH KANTOR URUSAN AGAMA PAGELARAN

Asri Rahmawati, Mutahit Mutahit, Nur Hasanah

Abstract


Perkawinan bagi manusia merupakan hal yang sangat penting, karena dengan sebuah perkawinan seseorang akan memperoleh keseimbangan hidup baik secara sosial, biologis, psikologis maupun ekonomi. Sayangnya tidak semua orang bisa memahami hakekat dan tujuan dari sebuah perkawinan yang seutuhnya yaitu mendapatkan kebahagiaan yang sejati dalam berumah tangga. Hal ini dikarenakan usia perkawinan yang masih terlalu muda dan dapat mengakibatkan meningkatnya kasus penceraian karena kurangnya kesadaran untuk bertanggung jawab dalam kehidupan berumah tangga bagi suami istri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan status sosial ekonomi dengan pernikahan usia dini pada remaja putri di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pagelaran tahun 2022 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Cross sectional dan uji statistik menggunakan uji Chi-Square. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 113 orang. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Consecutive sampling. Instrumen pengambilan data dengan menggunakan kuisioner tentang status ekonomi dan kuisioner usia pernikahan.. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan status sosial ekonomi dengan pernikahan usia dini pada remaja putri di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pagelaran tahun 2022 ditunjukan dengan nilai p = 0,003. Sarannya kepada Kantor Urusan Agama dan tenaga Kesehatan diharapkan agar lebih memperbanyak lagi sosialisasi tentang bahaya atau resiko pernikahan usia muda.

Keywords


sosial ekonomi, pernikahan dini, remaja putri

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Willy dan Jogiyanto Hartono. 2016. Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Abdul Syani. 2013. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta

Adi, Isbandi. 2014. Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial.

Badan Pusat Statistik. 2015. “Analisis Data Usia Perkawinan Anak di Indonesia,â€. Jakarta: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

BKKBN. 2012. Pernikahan Dini pada Beberapa Provinsi di Indonesia: Akar Masalah dan Peran Kelembagaan di Daerah. Jakarta: Direktorat Analisis Dampak Kependudukan KKBN.

BKKBN. 2017. BKKBN: Usia Pernikahan Ideal 21-25

Dariyo, Agoes. 2013. Dasar-Dasar Pedagogi Modern. Jakarta: PT Indeks

Desy Lailatul Fitria. 2015. Faktor Penyebab Perkawinan Usia Muda Di Desa Mawangi Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

. Jurnal Pendidikan Geografi Volume 2, No 6, November 2015 Halaman 26-39

Femilanda, Elita Putri. 2017. Gambaran Pernikahan Dini Remaja Putri Di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal.Skripsi.Universitas Diponegoro Semarang.

Gunarsa, Yulia Singgih D. & Singgih D Gunarsa. 2012. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta : Penerbit Libri.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v12i1.1923

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats