PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIPERTENSI

Nur Fadhilah, M. Dwi Cahya, Dzul Istiqomah Hasyim, Iwan Tri Bowo

Abstract


Pengetahuan Dan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi, Pendahuluan; Hipertensi merupakan penyakit kronis yang melekat seumur hidup, tidak dapat disembuhkan namun dapat dikendalikan dengan perbaikan pola hidup seperti; diet, olahraga, manajemen stress, dan disiplin dalam mengkonsumsi obat. Pengobatan hipertensi bertujuan untuk mempertahankan tekanan darah agar tetap stabil serta mencegah komplikasi dan perburukan prognosis, oleh karena itu kepatuhan minum obat adalah salah satu kunci umtuk dapat mengendalikan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pengetahuan dengan kepatuhan minum obat pada pasien Hipertensi di Puskesmas Pembantu Tanjung Agung Tanggamus Tahun 2023. Metode; Penelitian ini dilakukan di komunitas, yaitu Puskesmas pembantu yang ada di desa Rejosari. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien hipertensi sejumlah 180orang. Dengan sampel sebanyak 64 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data menggunakan kusioner pengetahuan Hypertension Knowledge-Level Scale (HK-LS). Uji analisis menggunakan Chi Square. Hasil; Hasil penelitian menjelaskan bahwa ada hubungan pengetahuan dengan kepatuhan minum obat pada pasien hipertensi (p value=.0,000). Sehubungan dengan hasil tersebut hendaknya pasien dan keluarga dapat mengakses berbagai sumber informasi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan terkait dengan penyakit hipertensi. Dengan pengetahun yang baik akan berdampak terhadap kedisiplinan dalam mengkonsumsi obat

Keywords


Medication adherence, hypertension, knowledge

Full Text:

PDF

References


Anwar, K., & Masnina, R. (2019). Hubungan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi dengan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Pustu Air Putih Samarinda. Borneo Student Research, 1(1), 494–501.

Annisa, A. F. N., & Ansar, J. (2013). Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Berobat Hipertensi pada Lansia di Pustu Patinggalloang Kota Makassar (Factors Associated With Hypertension On Compliance For The Elderly In Pattingalloang Health Center The City Of Makassar). Bagian Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, 1, 1–11.

Ahmed Abdalla Mohamed Gaili, Sundos Qasim Al-Ebraheem, Z. M. M., & Al, N. A. S. (2016). The Relationship Between Knowledge And Drug Adherence In Hypertensive Patients: A Cross Sectional Study In Uae. American Journal Of Advanced Drug Delivery. Volume 4 Nomor 01.

Bakhtiar, A. (2010). Filsafat Ilmu. Rajawali Pers.

DEPKES.RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar.Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Dinkes Provinsi Lampung. (2021). Profil Kesehatan Lampung Tahun 2021. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Fitria NA, Wahiduddin, J. A. (2014). Faktor yang berhubungan dengan kepatuhan berobat hipertensi pada lansia di Pustu Pattingalloang Kota Makassar.

Fitrina, Y & Harysko, R. O. (2014). Hubungan Karakteristik dan Motivasi Pasien Hipertensi terhadap Keparuhan dalam Menjalani Pengobatan di Pustu Talang Kabupaten Solok Tahun 2014. Journal Diterbitkan.

Ihwatun, Siti, et al. (2020). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pengobatan Pada penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Pustu Pudakpayung Kota Semarang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip) 8.3 (2020): 352-359

Kementerian kesehatan RI. (2019). Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementrian kesehatan RI.

Kemenkes. (2019). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Maulidah, K., Neni, N., & Maywati, S. (2022). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Keluarga Dengan Upaya Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Wilayah Kerja Pustu Cikampek Kabupaten Karawang. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(2), 484–494.

Mbakurawang, I. N., & Agustine, U. (2018). Kepatuhan Minum Obat Pada Penderita Hipertensi Yang Berobat Ke Balai Pengobatan Yayasan Pelayanan Kasih A dan A Rahmat Waingapu. Jurnal Kesehatan Primer, 1(2), 114–122.

Niven. (2008). Psikologi Kesehatan : Pengantar Untuk Perawat Dan Profesional.EGC.

Nasinta, Yola and Yuswantina, R. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Penggunaan Obat Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Penderita Hipertensi Di Pustu Buntok. Universitas Ngudi Waluyo.

Riskesdas. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI tahun 2013.

Sudarsono, E. K., Sasmita, J. F., &, & Handyasto, A. B. (2017). Peningkatan Pengetahuan tentang Hipertensi Guna Perbaikan Tekanan Darah pada Anak Muda di Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 3(1): 26–38.

Sukma, A. N., Widjanarko, B., dan Riyanti, E. (2018). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Pasien Hipertensi Dalam Melakukan Terapi Di Pustu Pdananaran Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(5), 687–695.

WHO. (2019). Hypertension. http://www.who.int/newsroom/fact- sheets/detail/hypertension

Pratiwi, W., Harfiani, E., & Hadiwiardjo, Y. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Dalam Menjalani Pengobatan Pada Penderita Hipertensi Di Klinik Pratama GKI Jabar Jakarta Pusat. Seminar Nasional Riset Kedokteran, 27–40.




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v12i2.2073

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats