HUBUNGAN ANTARA KEJADIAN STRESS, MOTIVASI BELAJAR, PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA TINGKA TI STIKes MUHAMMADIYAH PRINGSEWU PROGRAM STUDI D III KEPERAWATAN TAHUN 2011

Asri Rahmawati

Abstract


Tenaga kesehatan yang berkualitas adalah tenaga kesehatan yang mempunyai kemampuan soft skills dan hard skills yang seimbang, dimana kemampuan hard skills dapat dilihat dari prestasi belajar. Untuk mencapai prestasi yang baik, bukan saja tugas dari individu dalam hal motivasi belajar,melainkan juga tugas orang tua dalam memberikan partisipasi pada pendidikan anak, selain itu pada individu di butuhkan keadaan psikologis yang baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara partisipasi orang tua dengan prestasi belajar, hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, hubungan antara kejadian stres dengan prestasi belajar, dan hubungan partisipasi orang tua, motivasi belajar, dan kejadian stres secara bersama-sama.

Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan crossectional, tehnik samplingnya menggunakan total populasi yaitu semua mahasiswa tingkat 1 STIK.es Muhammadiyah Pringsewu Program Studi D III Keperawatan Tahun 2011, sebanyak 84 orang. Data diumpulkan menggunakan kuesioner, Uji hipotesis bivariat menggunakan Chi square dengan derajat kepercayaan 95 %, sedangkan uji multivariate menggunakan uji logistic ganda.

Hasil penelitian data menunjukkan adanya hubungan antara partisipasi orang tua dengan prestasi belajar, Ada hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, ada hubungan antara kejadian stres dengan prestasi belajar, Dan setelah uji statistic bersama- sama maka variable yang dominan adalah kejadian stress karena didapatkan basil untuk variable partisipasi orang tua p value 1,67, OR 5,217, variable motivasi belajar p value 0,41, OR 11,686, dan variable kejadian stres p value 0,00 dan OR 15.021.

Saran pada penelitian ini yaitu hendaknya orang tua dapat selalu meningkatkan partisipasinya pada proses belajar anaknya, dan untuk mahasiswa untuk selalu meningkatkan motivasi belajarnya serta selalu berusaha beradaptasi dengan suasana baru, sehingga beban psikologis berkurang dan mahasiswa dapat konsentrasi dalam belajar,


Keywords


Partisipasi orang tua, motivasi belajar, dan kejadian stres

Full Text:

PDF

References


Dalyono, Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 2005

Daryanto, Belajar dan Mengajar, Yarma Widya, Bandung, 2010.

Hastono, Sutanto Priyo, Analisis Data Kesehatan, Panduan

Analisis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Jakarata ,2007

Hikmawati,Fenti, Bimbingan Konseling,Raja Grafindo Persada, Jakarta,2010 Kartono, Peranan keluarga dalam memandu anak, Rajawali, Jakarta, 2001

Notoatmodjo,Soekijo, Metodologi Penelitian Kesehatan ( Edisi Revisi ), Renika Cipta, Jakarata, 2005

Nurita, Menjamurnya Jnstitusi Kesehatan di era globalisasi, 12 Februari 2011




DOI: https://doi.org/10.52657/jik.v1i1.993

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Web Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats