PENGARUH TERAPI BEKAM BASAH TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH

Bobby Bagus Irawan, Reni Tri Subekti, Rita Sari, Fuadah Fahrudiana

Abstract


Terapi bekam basah merupakan terapi nonfarmakologis yang dapat mengobati nyeri, khususnya nyeri punggung bawah. Hal ini dikarenakan kuatnya isapan alat bekam basah dapat berperan pada jalur saraf yang mengirim sinyal rasa nyeri sehingga sinyal rasa nyeri semula tidak sampai ke otak atau yang dikenal dengan gate control theory. Tujuan penelitian ini adalah diketahui pengaruh terapi bekam basah terhadap nyeri punggung bawah pada pekerja kuli panggul pasar di desa pulung kencana. Jenis penelitian yang digunakan pre eksperimen dengan pendekatan one group pra-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kuli panggul di Pasar Desa Pulung Kencana khususnya yang mengeluhkan nyeri punggung bawah dengan jumlah 20 orang, sehingga didapatkan sampel sejumlah 15 responden. Berdasarkan uji statistic, diketahui rata-rata nyeri sebelum dilakukan tindakan bekam basah adalah 7,93 dengan nilai terendah adalah 7 dan tertinggi adalah 9, Diketahui rata-rata nyeri sesudah dilakukan tindakan bekam basah adalah 3,60 dengan nilai terendah adalah 3 dan tertinggi adalah 5. Berdasarkan uji statistic diketahui p-value 0,000 atau p-value < 0,05 yang artinya ada pengaruh terapi bekam basah terhadap nyeri punggung bawah pada pekerja kuli panggul pasar Di Desa Pulung Kencana. Diharapkan agar responden lebih rutin dalam menggali informasi kesehatan dalam mengatasi nyeri punggung salah satunya adalah terapi non farmakologi bahwa Bekam basah dapat mengurangi juga menghilangkan nyeri punggung bawah.

Full Text:

PDF

References


Almoallim,H., Alwafi, (2014). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah (NPB) pada Karyawan di Kantor PLN Wilayah Aceh. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(1), 253-262.

Ayuningtyas, W. T., Sativani, Z., & Hariandja, A. M. A. Kebiasaan Posisi Duduk Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berisiko Mengalami Nyeri Punggung Bawah Pada Siswa Smk Analis Kesehatan Ditkesad Di Jakarta Timur.

Baida, Safarina. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nyeri Punggung Bawah.Palembang: Program Sarjana.

Bahtiar, (2021). Pengaruh Bekam Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pekerja Kuli Bangunan. Jurnal Emercy. Yogyakarta: Jurnal Kesehatan.

Dewanto, dkk. (2009). Pemberian Terapi Transcutaneus Electrica Stimulation, Infra Red Dan Massage Pada Kondisi Bell’s Palsy Sinistra Di Rsj Prof. Dr. Soerojo Magelang.

Gibson, P. G., Powell, H., Wilson, A., Abramson, M. J., Haywood, P., Bauman, A., ... & Roberts, J. J. (2002). Selfâ€management education and regular practitioner review for adults with asthma. Cochrane database of systematic reviews, (3).

Kemenkes R.I., (2019). Profil Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Depkes RI

Kelana Kusuma Dharma, (2011). Metodologi penelitian keperawatan: Panduan melaksanakan dan menerapkan hasil penelitian. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mellisa (2020) yang meneliti “Pengaruh Terapi Bekam Basah Terhadap Nyeri Trapezius Myalgia pada Petani di Ds. Kanten Kec. Trucuk Kabupaten Bojonegoro

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika

Notoatmodjo, (2013). Metode Penelitian Kesehatan. Teori Dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdiati, (2015). Efektivitas Kompres Hangat dan Gosok Punggung (backrub) Terhadap Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III di

Puskesmas Pesantren I Kota Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Risniati, Yenni (2019). Pelayanan Kesehatan Tradisional Bekam basah: Kajian Mekanisme Bekam.

Rahmadhani, S. P., & Riski, M. (2021). Analisa faktor yang mempengaruhi nyeri menstruasi pada remaja putri. Jurnal kesehatan terapan, 8(1), 1-8.

Sahara, Ayuni, (2020). Pengaruh Terapi Bekam Basah Terhadap Muskoloskeletal Disorder di Bagian Punggung Bawah pada Pekerja Bangunan di UMKT Kalimantan: Jurnaledisi ISSN: 2721-5725, Vol 2, No 1, 2020.

Setiawati, Mellysa, (2020). Pengaruh Terapi Bekam Basah Terhadap Nyeri Trapezius Myalgia Pada Petani Studi di Desa KantenKecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Jombang: Program Sarjana

Singki (2020) yang meneliti “Hubungan Postur Kerja Dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah Pada Petugas Pengangkut Sampah Kota Medan

Saifullah, (2015). Hubungan Masa Kerja Dan Tinggi High Heels Terhadap Risiko Terjadinya Nyeri Punggung Bawah Pada Pegawai Bank Bca Kota Probolinggo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Sharaf, (2012). Konsep Bekam Menurut Hukum Islam. Yogyakarta: Medical Book.

Utari, Reni (2020). Mengenal 11 Jenis Skala Nyeri dan Cara Menilainya. Artikel :https://www.sehatq.com/artikel/mengenal-jenis-jenis-skala-nyeri-dan-cara-menilainya

Utari, (2020). Mencegah dan Mengatasi Nyeri Punggung Bawah (NPB) Selama Belajar dan Bekerja dari Rumah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(1), 81-88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.