HUBUNGAN KETEPATAN PELAKSANAAN TRIASE DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RS ASY-SYIFA MEDIKA TULANG BAWANG BARAT

Pira Prahmawati, Jassya Ayu Rinita, Yeti Septiasari

Abstract


Penanganan kegawat daruratan yang baik akan menentukan persepsi masyarakat atau pasien melihat pelayanan kesehatan yang bermutu sebagai suatu pelayanan kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan yang dirasakannya, Kurangnya tingkat kepuasan pasien dapat berdampak menimbulkan banyak permasalahan pada pelayanan kesehatan, ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap tenaga medis. Salah satu indikator kepuasan pelayanan tersebut adalah ketepatan dalam menentukan triasepada pasien Tujuan : diketahui hubungan ketepatan pelaksanaan triasedengan kepuasan keluarga pasien di RS Asy-Syifa Medika.Rancangan penelitian ini adalah penelitian analitik korelasi, dengan menggunakan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang masuk Unit Gawat Darurat (UGD) RS Asy-Syifa Medika. Sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik purposive sampel sehingga jumlah sempel dalam penelitian ini adalah 84 orang. Data analisis di uji dengan menggunakan uji chi square untuk menguji perbedaan presentase antara dua  kelompok. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hubungan antara ketepatan pelaksanaan triasedengan kepuasan keluarga pasien di RS Asy-Syifa Medika dengan nilai p-value = 0.000 <0.05 dan nilai Odds Ratio 1.909. Saran: agar triase dapat dilakukan dengan baik sesuai prioritas pasien sehingga semua pasien terlayani dengan cepat dan tepat pada akhirnya meningkatkan kwalitas pelayanan yang ditandai adanya kepuasan dari pasien atau keluarga

Full Text:

PDF

References


Burhanudin,. 2016. Hubungan Pelayanan perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap Rsud Poso. Indonesian Journal Of Nursing Sciences And Practice. Eissn : 2622-0997. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjqk62ci8X8AhX_yzgGHV02DVYQFnoECA8QAQ&url=https%3A%2F%2Fjurnal.umj.acd.id%2Findex.php%2Fijnsp%2Farticle%2Fview%2F4276&usg=AOvVaw0OzT_hYVsNJ7y31vvvvEtpUt1E

Made Ayu Lely,. (2018). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Di 7 Provinsi Di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 46, No. 4, Desember 2018: 239 – 246

Martanti, R. N. (2019). hubungan tinggkat penggetahuan Dengan ketrampilan Petugas dalam melakasanakan triase instalsi gawat darurat RSUD WATES. Media ilmu kesehatan,69 Vol.15, No. 2.

Nursahim (2018). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika

Pohan. (2017). Jaminan mutu layanan kesehatan:Dasar-dasar pengertian dan penerapan (Widyastuti Ed.). EGC: Jakarta.

Sheldon (2016) Keperawatan Gawat Darurat plus contoh askep dengan pendekatan NANDA, NIC, NOC.Yogyakarta:Nuha Medika

Sudrajat. (2016). Hubungan Pengetahuan dan Pengalaman Perawat Bekerja dan Ketrampilan Triasase di IGD RSCM. Jakarta:: Poltekes Kemenkes Jakarta III.

Sumarno. (2017). Hubungan Ketepatan Triase dengan tinggkat kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandau Manado. Falkutas Kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Samratulangi Manado. Ejournal Keperawatan (e-kep) volume 7 nomor 1.

Suwandi (2019) Hubungan Ketepatan Triase Dengan Keberharhasilan Penatalaksanaan Kegawatdaruratan Di Igd Uptd Tipe C Rsud Manembo-Nembo Bitung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.