TINGKAT PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU BEERHUBUNGAN DENGAN KEIKUTSERTAAN KELAS IBU HAMIL DI PUSKESMAS KEMALO ABUNG LAMPUNG UTARA TAHUN 2024

Marlinda Marlinda, Ruliyanto Ruliyanto, Nur Fadhilah

Abstract


Kelas ibu hamil (KIH) dijadikan sarana untuk belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil. Sehingga kondisi ibu dan bayi selama kehamilan dapat dipantau dengan seksama dan peyimpangan yang mungkin terjadi dapat terdeksi sejak dini. Namun cakupan kunjungan kelas ibu hamil masih rendah hanya 59.18%, jauh dari target Nasional 90%.  Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat pengetahuan dan motivasi ibu dengan keikutsertaan kelas ibu hamil di Puskesmas Kemalo Abung tahun 2024. Design penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh ibu hamil dengan total sampling didapat 49 ibu hamil. Instrumen bentuk kuisioner yang sudah valid dan reliabilitas. Data bivariat penelitian di uji dengan chi-square. Hasil penelitian didapat lebih dari 50% ibu mengikuti kelas ibu hamil (55,1%), diketahui tingkat pengetahui lebih banyak kurang (38,8%) dan tingkat motivasi sedang (42,9%). Pengetahuan dan motivasi ibu berhubungan dengan keikutsertaan kelas ibu hamil dengan nilai p value 0,0018 (pengetahuan) dan 0,020 (motivasi). Puskesmas Kemalo Abung dapat mengatur kembali jadwal kelas ibu hamil, melakukan sosialisasi dan meningkatkan pemberdayaan kader kesehatan desa.

Full Text:

PDF

References


Afranika, A., & Pratama, R. M. (2023). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Muaro Tembesi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi.

Astuti, W. W. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan keikutsertaan mengikuti kelas ibu hamil di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung. Jurnal Temu ilmiah hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

Astuti, W. W., Sofiyanti, I., & Widyanin, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Candiroto Kabupaten Temanggung. Rakernas Aipkema.

Baroroh, I., Jannah, M., & Meikawat, P. R. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Jenggot Kota Pekalongan. Jurnal Siklus.

Emiyanti. (2017). Analisis faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Januari – Juli Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Emiyanti, Rahfiludin, M. Z., & Winarn, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Januari – Juli Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Felina, F., Mastina, & Effendi, H. (2023). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Keaktifan Ibu Dalam Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin. Mahesa: Malahayati Health Student Journal.

Fuada, N., & Setyawati, B. (2017). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Implementation of KIH (Pregnancy Class) in Indonesia, 67-75.

Kemenkes, R. (2019). Profil kesehatan Indonesia tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes, R. (2020). Profil kesehatan Indonesia tahun 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Khairunnisa. (2021). Hubungan Karakteristik Dan Tingkat Pengetahuan Dengan keikutsertaan kelas ibu hamil.

Lestari, T. A., Susanti, A., & Fathunikmah. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengankeikutsertaan Ibu Hamil Dalam Mengikut Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Jurnal Ibu dan Anak.

Mumpuni, R. A., & Rohmawati, W. (2017). Hubungan Peranserta Kader dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Trimester III dalam Kelas Ibu Hamil di wilayah Puskesmas Delanggu Klaten. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia.

Nasution, R. S., & Harahap, H. P. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keikutsertaan Pelaksanaan KelasIbu Hamil. Jurnl Ilmiah Kebidanan Indonesia.

Ramailis, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keikutsertaan Ibu Hamil Dalam Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Desa Petai Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. STIKes Al Insyirah.

Sutrisnawati, N., Sugesti, R., & Sari, A. (2023). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil, Sikap Dan Dukungan Keluarga Terhadap Keikutsertaan Kelas Ibu Hamildi Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Cinere, Kota Depoktahun 2023. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah.

Wahyuni, D. P., & Sihombing, S. F. (2020). Hubungan Motivasi Ibu Dan Peran Kader Dengan Keikutsertaan Ibu Dalam Kelas Ibu Hamil . Zona Kebidanan.

Yenni, Angka, A. T., Datuan, O., & Hasni. (2018). Hubungan Antara Dukungan Suami dengan Partisipasi Ibu Mengikuti Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Andowia Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara. Universitas Indonesia Timur.

Yenie, H., & Risneni, R. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kehadiran Ibu Hamil Pada Kelas Ibu. Jurnal Keperawatan.

WHO, (2018). Global Health Observatory (GHO).

WHO, (2019). Trends in maternal mortality 2000 to 2017: estimates by WHO, UNICEF, UNFPA, World Bank Group and the United Nations Population Division.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.