MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DI RUMAH PADA ERA PANDEMI COVID-19

Rahmatika Kayyis, Nihayati Nihayati, Binti Anisaul Khasanah, Shifa Aliffia, Ambar Bila Putri

Abstract


Kebijakan pemerintah untuk dilakukannya pembelajaran daring membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan tak terkecuali yang terjadi di Kabupaten Pringsewu. Pembelajaran yang dilakukan di rumah, dapat membuat orang tua lebih mudah dalam memonitoring atau mengawasi terhadap perkembangan belajar anak secara langsung. Orang tua lebih mudah dalam membimbing dan mengawasi belajar anak dirumah. Namun hal tersebut tidak terjadi sesuai yang diharapkan. Banyak orang tua yang justru mengeluh dalam mendampingi anak belajar. Mereka menganggap anak lebih sukar diatur karena lebih asyik dengan gawainya masing-masing tanpa terkontrol. Mereka juga belum memahami bagaimana menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak di rumah. Oleh karena itu, pengusul akan melaksanakan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan mitra sasaran yaitu orang tua/wali murid di kecamatan Ambarawa khususnya orang tua/wali siswa SD Muhammadiyah Ambarawa. Program PKM tersebut berupa kegiatan penyuluhan tentang parenting anak di masa pandemi, pemanfaatan gawai untuk sarana belajar di rumah, serta workshop membuat metode belajar yang menyenangkan bagi anak sesuai usia perkembangannya.Pelaksanann kegiatan ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan ,dan evaluasi. Kegiatan pada tahap persiapan yaitu penyusunan modul penyuluhan dan koordinasi dengan mitra.


Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). The Role of Parents in Applying Learning at Home During the Covid Pandemic 19. Journal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.

Epstein, J. (2018). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools, second edition. https://doi.org/10.4324/9780429494673

Keputusan Presiden Republik Indonesia. (2020). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2O2O Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Sebagai Bencana Nasional. In SK No 010740 (Nomor 01, hal. 18–30).

Kim, J., Zhang, J., Cha, Y., Kolitz, S., Funt, J., Chong, R. E., Barrett, S., Zeskind, B., Kusko, R., & Kaufman, H. (2020). Coronavirus Disease - 2019 (COVID-19). ChemRxiv, 2019(April). https://doi.org/10.26434/chemrxiv.12037416.v1

Mintasih, D. (2016). Merancang Pembelajaran Menyenangkan bagi Generasi Digital. Jurnal Pendidikan Islam, IX(1), 39–48.

Okmawati, M. (2020). The Use of Google Classroom during Pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438. https://doi.org/10.24036/jelt.v9i2.109293

Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan Karakter Islami Pada Online Class Management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91–100. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3456

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Teundang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. Bab Ii, Pasal 3, 1 (2003). (hal. 1–21). www.hukumonline.com

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v4i1.1389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.