MEMBANGUN KESADARAN INVESTASI MELALUI SEKOLAH PASAR MODAL

Arum Arupi Kusnindar, Wagiyo ., Yogi Prastiyo, Dewi Mariam Widiniarsih

Abstract


Investasi merupakan salah satu pendorong utama pertumbuhan ekonomi suatu negara. Investasi saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui pasar modal. Literasi keuangan dan investasi sangat penting karena semakin tinggi literasi keuangan dan imvestasi semakin tinggi motivasi melakukan investasi di pasar modal. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengenai investasi di pasar modal. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode seminar dan pelatihan yang di berikan oleh dua orang dosen dan bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia Cabang Lampung. Materi yang diberikan terkait profil BEI serla lembaga lain yang terkait dengan Pasar Modal, mekanisme pasar modal, jenis – jenis investasi yang bisa di pilih, resiko yang harus di pertimbangkan serta keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi melalui pasar modal. Dalam kegiatan pelatihan materi yang diberikan terkait dengan pengenalan berbagai lembaga sekuritas, simulasi menggunakan berbagai aplikasi yang ada serta tips dan trik bagaimana melakukan investasi di pasar modal agar mendapatkan keuntungan.Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan peserta mengenai pasar modal dan mempunyai ketrampilan dalam menggunakan berbagai aplikasi dari beberaap lembaga sekuritas legal.

Full Text:

PDF

References


Aini, N., Maslichah, M., & Junaidi, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 8(05).

Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., & Sudiarti, S. (2020). Pelatihan Investasi Sejak Dini Melalui Pasar Modal Pada Mahasiswa Baru Politeknik Triguna Tasikmalaya. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 8-16.

Haidir, M. S. (2019). Pengaruh Pemahaman Investasi, Dengan Modal Minimal Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Melakukan Investasi Di Pasar Modal Syariah. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 5(2), 198-211.

Otoritas Jasa Keuangan., (2020). Seri Literasi Keuangan-Pasar Modal. Jakarta.

Tumewu, F. (2019). Minat investor muda untuk berinvestasi di pasar modal melalui teknologi fintech. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2).




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i1.1717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.