PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO ANIMASIPEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF MEGGUNAKAN POWTOON BAGI GURU SD

Yunni Arnidha, Dhimas Rinda Adi Puspito

Abstract


PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF MEGGUNAKAN POWTOON BAGI GURU SD. Perkembangan teknologi yang semakin cepat dengan memunculkan pertanyaan terhadap tugas guru sebagai pengajar, masihkah guru dibutuhkan mengajar di depan kelas seorang diri, menuliskan materi di papan tulis lalu menugaskan siswa untuk menyalinnya, dan lain sebagainya. Untuk ini, guru wajib senantiasa mengembangkan potensinya secara professional sesuai dengan perkembangan teknologi terkini sehingga tugas guru sebagai pengajar masih tetap diperlukan. Guru dapat memanfaatkan teknologi sebagai sebuah media pembelajaran. Teknologi tersebut dapat mempermudah guru dalam mendeskripsikan atau mengilustrasikan materi yang sedang dipelajari oleh peserta didik. Hal tersebut akan memperjelas antara teori dengan praktik sehingga peserta didik sanggup melihat secara nyata. Selain hal tersebut, guru juga dapat memakai media pembelajaran yang berhubungan dengan teknologi untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan untuk dirinya dan peserta didik sendiri. Media pembelajaran perlu dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi yang didukung dengan tersedianya fasilitas yang terdapat di sekolah. Media pembelajaran dalam bentuk video adalah salah satu cara lain yang sempurna untuk digunakan sebagai pelatihan adalah media PowToon berbasis audiovisual media. PowToon merupakan aplikasi berbasis web online yang disediakan bagi pengguna untuk membuat presentasi animasi dengan fitur yang sangat menarik diantaranya animasi tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan timetable yang mudah. Media berbasis PowToon untuk siswa SD memiliki karakteristik belajar yakni meniru, mengamati, dan sangat tertarik pada animasi kartun. Mereka lebih senang bermain sambil belajar. Peneliti tertarik memberikan pelatihan pembuatan suatu video animasi yang didalamnya mengandung unsur edukatif agar siswa lebih senang dan tentunya bisa memahami materi yang telah dipelajari.

Full Text:

PDF

References


Andriati, Y., & Susanti, L. R. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. CRIKSETRA: Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(9), 60.

Arianto Rio. (2018). Penggunaan Media Powtoon Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Volume 12, No. 1. Pp 125 ISSN 1907- 9990

Barnawi dan Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidi- kan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fitrianingrum Hera F.(2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Powtoon Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X SMA Negeri 1 Karangdowo. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhamadyah Surakarta.

Hasbulah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Menggunakan Model Problem Base Learning Berbasi Powtoon Siswa Kelas XII IPA 7 SMA N 1 Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018, BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(2), 124-131.

Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.

Munandar, S. C. . (1999). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Kreativitas Dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif Dan Bakat.

Munir. (2015). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Ribawati Eko. (2019). Pengembangan Bahan Ajar E- Learning Pada Mata Kuliah Sejarah Afrika. Jurnal Pendidikan dan Sejarah. Volume 5, No. 1. ISSN: 2477-2771

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah. In The Concept and Meaning.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i1.1719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.