PENYULUHAN GEMAR MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA LITERASI PADA ANAK SD NEGERI 31 DI KOTA PRABUMULIH

Kurnia Saputri, Sri Yuliani

Abstract


Dikarenakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah pada masa pandemi ini dilaksanakan secara daring sehingga minat membaca peserta didik berkurang, kenyataannya mereka lebih senang bermain dari pada membaca, malasnya berkunjung ke perpustakaan adalah salah satu faktor dari rendahnya budaya literasi. Tujuan dididirikan pojok baca adalah untuk meningkatkan minat baca peserta didik dengan menciptakan dan memanfaatkan sudut kelas untuk dijadikan pojok baca yang menarik agar bisa memicu minat peserta didik untuk lebih gemar membaca dan meningkatkan budaya literasi di sekolah tersebut. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan penyuluhan berupa: ceramah, tanya jawab (diskusi), dan praktik langsung di kelas. Tempat pelaksanaan kegiatan di SD Negeri 31 Prabumulih. Penyuluhan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6. Hasil t yang didapat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini diantaranya adalah : 1). Peserta didik diberikan pendidikan tentang pentingnya adanya pojok baca kelas. 2). Dari hasil penyuluhan, peserta didik bisa belajar lebih nyaman ketika istirahat,, sehingga peserta didik bias memanfaatkan waktunya dengan membaca apalagi buku yang disediakan bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Fajarwati. (2017). Implementasi Program Literasi Sekolah Di Kelas Rendah SD. Ngoto Sewon Bantul. Skripsi.Yogyakarta: FIP UNY.

Gipayana, Muhana. (2011). Sudut Baca, Pajangan, Partisipasi Orangtua Siswa dan Mutu Pembelajaran Membaca Menulis di SD, Jurnal Sekolah Dasar, Vol. 20 (1), hal. 2

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/kampus-mengajar-ajak-mahasiswa-mengabdi-untuk-negeri

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) https://kbbi.web.id/sekolah

Kemendikbud, (2016). Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Sudut Baca Kelas dan Area Baca untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Kemendikbud, (2017). Panduan Gerakan Literasi Sekolah.

Muhibbin Syah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Nugroho, Alfian Handina, Ratna Puspitasari, dan Euis Puspitasari. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, Vol. V, No. 2

Soetomo. (2015). Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i2.1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.