PELATIHAN MEMBUAT TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PRINGSEWU

Ani Diana, Rohmah Tussolekha

Abstract


Kemampuan membuat teks prosedur sangat penting untuk dikuasai siswa,. Namun, kenyataan di lapaangan masih banyak siswa yang belum mampu untuk menulis teks prosedur dengan baik. Untuk itu perlu diberikan pelatihan di luar jam pelajaran yang terstrukur agar kemampuan siswa ada peningkatan. Tujuan pemberian pelatihan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat teks prosedur. Pelatihan diberikan kepada siswa kelas VII SMP Negeri 2, khususnya siswa Kelas VII 1 yang berjumlah 31 siswa. Untuk mengetahui kemampuan siswa tersebut dilakukan tes berupa pemberian tugas membuat teks prosedur. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus, yaitu jumlah jawaban yang benar dibagi jawaban yang seharusnya lalu dikali seratus. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang mendapat katagori sangat baik ada 3 siswa (10%), katagori baik 11 siswa (35%), katagori cukup 12 siswa (39%), dan katagori kurang 5 siswa (16%). Adapun untuk rata-rata kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur 71 tergolong baik Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemberian pelatihan kepada siswa dapat memberikan kontribusi yang positif karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat atau menulis teks prosedur.

Full Text:

PDF

References


Ayunisyah, Arifin, &Yulistio. (2020). Analisis Struktur Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMPN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(1), 118-127. https://doi.org/ 10.33369/jik.v4i1.8346.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Harsiati, Trianto, & Kosasih. (2016). Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: kemendikbud.

Izard, Sri Lusiana. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI MAN I Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. BAHASTRA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 12-16. https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2425.

Lestari, Dian, & Sudrajat. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 815-820. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.1333.

Mulyadi, Adriyani. & Fajwah. (2016). Intisari Tata Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.

Mumtaz. (2019). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Nuraeni, Witri. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Kearifan Lokal Batik Cianjur dengan Menggunakan Media Powtoon. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 14-24. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1769.

Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan: Penyusunan Kisi-kisi Penulisan, & Analisis Butir Soal. Jakarta: Erlangga.

Simatupang, Yusrawati, JR. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191-206.https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i2.1876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.