PELATIHAN PIDATO DALAM BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP QURAN DARUL IKHLAS PRINGSEWU

Umi Kholidah, Ainur Rosidah, Hudaifah .

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMP Quran DAI Pringsewu yang dihadiri oleh 15 peserta didik kelas VIII. Pidato merupakan keterampilan berbahasa yang perlu diasah terus-menerus untuk menghasilkan gaya berbicara yang dapat ditangkap audien dalam penyampaian maksudnya. Tujuan dalam pengabdian ini untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta didik dalam pidato bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta dapat mempersiapkan dalam mengikuti lomba-lomba yang berkaitan dengan pidato. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan metode pendekatan praktek terbimbing berdasarkan kajian ilmiah bidang bahasa. Setelah melaksanakan pelatihan ini, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik terbantu dalam mengasah kemampuannya dalam pidato, sehingga peserta didik mampu berpidto di depan umum.

Full Text:

PDF

References


Budiyanti. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpidato Melalui Tekik ATM (Amati Tiru Modifikasi) Berbasis Kartu Acak pada Peserta Didik Kelas IXd SMP Negeri 2 Banyubiru Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Profesi Keguruan. Vol 2. No 1. Hal 17-25.

Hakim, Thursan. (2004). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Rahmat, Jalaludin. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Widiantara, I Wayan Pasek dan I Wayan Wendra. (2014). Kajian Retorika dalam Naskah Pidato pada Siswa Kelas X.1 SMA Negeri 1 Pupuan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Undiksha. Vol 2. No.1.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i2.1877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.