EDUKASI KUNJUNGAN ANTENATAL CARE “TANDA-TANDA BAHAYA PADA KEHAMILAN†DI PUSKESMAS PUNGGUR LAMPUNG TENGAH

Marlinda Marlinda, Desi Ari Madiyanti, Yeti Septiasari

Abstract


Mengetahui tanda-tanda bahaya kehamilan sejak dini perlu difahami oleh semua ibu hamil, agar dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah segera sehingga dapat menghindari konsekuensi yang serius. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan dasar berbentuk tindakan preventif dan promotive yaitu Edukasi kunjungan Antenatal Care khususnya tentang tanda-tanda bahaya pada kehamilan. Rangkaian kegiatan edukasi dilakukan pada ibu hamil mulai di trimester I sampai III kehamilan, karena bahaya kehamilan selalu mengancam kesejahteraan ibu dan janin di setiap usia kehamilan bahkan kematian. Sering sekali ibu datang ke pelayanan keseahtan setelah kondisi ibu dan janin memburukOleh karena itu, perlu kiranya dilakukan Edukasi kunjungan Antenatal Care, khususnya membahas tentang Tanda-tanda Bahaya pada Kehamilan. Kegiatan edukasi dilakukan di Puskesmas Punggur Lampung Tengah, pada ibu hamil yang melakukan kunjungan antenatal care. Selain mendapat edukasi, ibu mendapat pelayanan pemeriksaan rutin kehamilan, tekanan darah, berat badan dan kadar Haemoglobin. Edukasi dilakukan sebanyak 2 kali, pada tanggal 20 dan 22 November 2022. Ibu dan keluarga sangat antusias mengikuti rangkaian edukasi dan berperan serta aktif saat dilakukan tanya jawab setelah materi dijelaskan. Hendaknya keluarga sebagai support system bagi ibu hamil, dapat lebih meningkatkan perannya terutama dalam mengenali tanda-tanda bahaya pada kehamilan pada ibu, dan segera mengambil tindakan pertama untuk menyelamatkan ibu dan janin.

Full Text:

PDF

References


World Health Organization (WHO). (2012). Pregnancy, Childbirth, Postpartum and Newborn Care: A Guide for Essential Practice (3rd ed.). Geneva: WHO Press.

United Nations Children's Fund (UNICEF). (2018). Maternal and Newborn Health. Retrieved from https://www.unicef.org/indonesia/id/health.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Pedoman Pelayanan Antenatal Care (ANC). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Tanda Bahaya Kehamilan yang Harus diketahui oleh Ibu Hamil Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Ningsih, N.R. (2022). Tanda-tanda Bahaya pada Ibu Hamil. Yogyakarta: RSUP dr. Sardjito.

Pratiwi, A.M; Fatimah. (2020). Patologi Kehamilan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Suratni, M. (2017). Tanda Bahaya Kehamilan. Denpasar Bali: RS Bhakti Rahayu

Wicaksono, R.R.B. (2023). Kenali Tanda Bahaya Pada Kehamilan. Semarang: RS Kariadi.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v6i2.2140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.