POS SIGAP HIPERTENSI SEBAGAI UPAYA DETEKSI DINI FAKTOR RISIKO HIPERTENSI DI MASYARAKAT

Dian Asih Rianty, Seno Mariadi

Abstract


Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah serius. Penderita hipertensi seringkali tanpa gejala (asimptomatik) sehingga banyak diabaikan dan merasa tidak ada masalah. Sehingga dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak dalam penatalaksanaan hipertensi, salah satunya keterlibatan kader kesehatan. Kader memiliki peranan penting dalam pengelolaan hipertensi melalui pendataan, pengawasan, monitoring dan edukasi kesehatan. Metode pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan membentuk Pos SIGAP Hipertensi di masyarakat dan pelatihan kader terkait deteksi dini dan pengukuran tekanan darah kepada seluruh kader Posbindu PTM yang ada di UPT. Puskesmas Rejosari sejumlah 35 orang. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan rerata pengetahuan kader dari 7,04 menjadi 7,64 dan peningkatan kunjungan masyarakat untuk melakukan deteksi dini hipertensi sebesar 5%. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pelatihan kader dan pelaksanaan Pos SIGAP Hipertensi memberikan manfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan akses masyarakat untuk melakukan kontrol tekanan darah. Pelaksanaan Pos SIGAP Hipertensi disarankan sebagai upaya mendekatkan akses dan deteksi dini faktor risiko hipertensi di masyarakat

Full Text:

PDF

References


Afrima Sari, E., Mirwanti, R., & Kurnia Herliani Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, Y. (n.d.). Motivasi Kader Kesehatan Dalam Mengkaji Self-Care Pada Pasien Hipertensi. In Jurnal Perawat Indonesia (Vol. 3, Issue 1).

Ayalon, L., Gross, R., Tabenkin, H., Porath, A., Heymann, A., & Porter, B. (2006). Correlates of quality of life in primary care patients with hypertension. International Journal of Psychiatry in Medicine, 36(4), 483–497. https://doi.org/10.2190/2W72-7758-2227-8H45

Fakhriyah, Damayanti, D., Anjani, A., & Sari, E. (2022). Pembentukan dan Pelatihan Kader Siaga Hipertensi sebagai Upaya Pencegahan Kejadian Hipertensi di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 771–774.

Hartini, T., Suryati, S., Nurhasanah, A., Keperawatan, N. J., Kemenkes, P., & Iii, J. (2021). Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Kader Lansia dalam Merawat Lansia Hipertensi Sebelum dan Sesudah Pelatihan. JKEP, 6(1).

Kumalasari, I., Dwi Rangga, A., Iqbal Pratama, M., & Qaulan Tsaqila, N. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Deteksi Dini dan Upaya Pencegahan Hipertensi Melalui Peer Group Support (Vol. 3, Issue 4). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/300

Lestari, R., Warseno, A., Trisetyaningsih, Y., Kartika Rukmi, D., Suci,

A., Jenderal Achmad Yani Yogyakarta, U., & Jalan Brawijaya Gamping Kidul, Y. (n.d.). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Mencegah Penyakit Tidak Menular Melalui Posbindu Ptm.

Lestari, T. (2011). Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Puskesmas Galur 1 Kulon Progo Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘ Aisyiyah Yogyakarta Hipertensi Di Wilayah Puskesmas. Profil Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2020. (n.d.).

Setyawati, I., & Atmojo, W. T. (2022). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Untuk Deteksi Dini Hipertensi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 1909. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.7889

Syukkur, A., Yun Yun Vinsur, E., Nurwiyono, A., Panti Waluya Malang, Stik., & Timur, J. (2022). Pemberdayaan Kader Lansia Dalam Upaya Penatalaksanaan Hipertensi. 6(2).




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.