PENDAMPINGAN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH SESUAI STANDAR IASP 2020 UNTUK SD MUHAMMADIYAH AMBARAWA

Dian Rakhmawati, Rahmatika Kayyis, Dewi Sri Kuning, Dwina Putri Sri Rahayu, Chiorul Yaqfi

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menjawab permasalahan yang dihadapi SD Muhammadiyah Ambarawa terkait belum memahami secara penuh tentang peningkatan mutu sekolah sesuai standar instrument IASP 2020. Kegiatan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap monitoring. Dari awal kegitan pengabdian ini dilaksanakan kami sudah mengatur persiapan sedemikian rupa sehingga kami tidak menemui kendala berarti. Sebagian besar memberikan respon yang positif dan mengatakan bahwa program pendampingan ini sangatlah bermanfaat bagi mereka

Full Text:

PDF

References


Hasriani, G., Risan, R., & Nasta, M. (2008). Pelatihan TOEFL bagi Lembaga Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam Peningkatan Mutu, 10(2), 1–14.

Hasanah, E., Purnawan, P., Kuat, K., & Hamidun, E. (2020). Pelatihan penjaminan mutu sekolah berbasis akreditasi di SMK Muhammadiyah 2 Bantul. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarkat, November, 799–806. http://seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/5152/0

Hidayat, S. (2020). Identifikasi Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Merencanakan dan Mengimplementasikan Pembelajaran yang Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. 7(2).

Martinelli, I., Khairiah, N., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Sosialisasi urgensi akreditasi sekolah bagi masyarakat dalam memperoleh layanan pendidikan yang unggul. 9(2).

Oktavia, R. (2019). Kurangnya Mutu Pendidikan di Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/tca85

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Siti, N., & Siregar, S. (2013). Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 1(1), 11–27. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma

Sujarwo. (2000). Pendidikan di Indonesia Memprihatinkan. Encyclopedia of volcanoes., 1995, 662.

Sururi. (2008). Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Di SMK Se-Kota Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 8(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v8i2.6295

Suryawati, D. (2010). Pentingnya Akreditasi dalam Proses Pembinaan Manajemen Sekolah Madrasah di Sumatra Utara. Widyariset, 13(1), 113–122.

Wewe, M., Noge, M. D., Awe, E. Y., & Lawe, Y. U. (2021). Kegiatan Pendampingan Penyusunan Dokumen Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Di Sd Negeri Late. 2(April), 116–127. MAMMESA. 238–240.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.