PELATIHAN PENGUNAAN KONJUNGSI PADA KALIMAT WACANA BERITA

Amy Sabila, Melvin Arfiandita, Reyka Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pemakaian konjungsi yang baik dan benar dalam pengunaan konjungsi pada kalimat wacana berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Berdasarkan data dan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa pengunaan konjungsi pada kalimat wacana berita kelas VIII SMPN 2 Pringsewu dapat dipahami dengan baik. Ketika diberikan tes dan diberi penugasan berupa wacana berita, mereka mampu menjawab dengan baik. Hal tersebut menunjukan bahwa siswa dapat memahami kata hubung pada wacana berita serta dapat dibimbing dengan baik dalam penulisan berdasarkan contoh yang diberikan. Siswa mampu mengaplikasikan dan menemukan berbagai tulisan kalimat konjungsi yang terdapat pada kalimat wacana berita yang dilakukan secara individu dan berdiskusi. Penggunaan konjungsi yang terdapat pada kalimat wacana berita yaitu penggunaan konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, konjungsi antar kalimat serta konjungsi antar paragraf. Siswa mampu memahami dengan baik  jenis-jenis,  dan fungsi-fungsi serta pengunaan konjungsi pada kalimat wacana berita dengan baik.

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta: Balai Pustaka

Suhaenah, Suparno. (2001). Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Aritonang, Keke Taruli. (2013). Catatan Harian Guru:Menulis Itu Mudah. Yogyakarta: ANDI.

Chaer, Abdul. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia, Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta

Djajasudarma, Fatimah. (2016). Wacana pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung : Refika Aditama.

Emzir. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Hasswin. Skripsi. (2011). “Kemampuan Menggunakan Konjungsi Bahasa Indonesia Siswa Kelas 7 SMP N 1 Pamboang Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene”. 21-30.

Masitoh, Agung. (2022). "Penerapan Teknik Transformasi Lagu Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Wacana Mahasiswa". Vol 7(1). 1

Mulyani, Fitri. Skripsi. (2012). "Analisis Jenis Wacana Deskripsi dalam Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 PATIMUN.

Ratna, Nyoman Kuta. (2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rohmadi, Muhammad , Yakub Nasucha dan Agus Budi Wahyudi. (2012). Morfologi Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. (2013). "Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa". Bandung: Penerbit Angkasa.

Widiatmoko. (2008). Pengajaran Menulis Kreatif dan Pembacaan Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Wisnu, Widiatmoko. (2015). "Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana Berita Rubrik Nasional di Majalah Online Detik". Jurnal Sastra Indonesia, 4(1), 4.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.