PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA

Tiara Vanessa, Andri Yulianto, Rahmat Efendi

Abstract


Infeksi Saluran Pernafasan Akut ( ISPA ­) adalah infeksi saluran pernafasan akut yang menyerang saluran permafasan bagian atas (hidung) dan saluran pernafasan bawah (alveoli) beserta organ adneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga dan pleura. Peningkatan penderita kejadian ISPA akan menyebabkan tingginya angka kesakitan dan kematian dunia, karena ISPA memiliki berbagai komplikasi mengancam jiwa sepertipenyakit  otitis media, sinusitis, faringitis, pneumonia. Saat ini penataklasanaan ISPA meliputi perilaku hidup bersih dan sehat yang baik dalam lingkungan keluarga dan masayarakat. PHBS adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan semua perilaku yang dilakukan atas kesadaran seseorang sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri pada bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyaraka. Dengan menerapkan PHBS masyarakat mampu menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup. Kegiatan ini dilakukan di Rumah Sakit Islam Kota Metro dengan sasaran masyarakat yang memiliki balita. Metode yang digunakan dalam pendidikan ini adalah pendidikan kesehatan dan pendekatan pada masyarakat. Hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat seluruh peserta dapat memahami informasi yang baik yaitu sebesar 80% dapat menerapkan PHBS pada balitanya


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, L., & Pratiwi, D. (2019). Hubungan Faktor Perilaku Keluarga Dengan Kejadian Ispa Pada Balita. Jurnal Ilmu Kesehatan Karya Bunda Husada, 5(2), 23-30.

Hamid, A. 2018. Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafaan Akut pada Balita (Di RW 03 Desa Candimulyo Jombang) (Doctoral dissertation, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

Handriana, I. 2018. Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dengan Kejadian

Pneumonia Pada Balita Di Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Talaga Kabupaten Majalengka Tahun 2018. Jurnal Kampus Stikes Ypib Majalengka, 6(2), 47-56.

Husna, I., & Marcellia, S. 2019. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sd Negeri 5 Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati Vol, 2(1), 17.

Kementerian Kesehatan RI. 2018.

Padila, P., Febriawati, H., Andri, J., & Dori, R. A. 2019.Perawatan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) pada Balita. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 25-34.

Syamsi, N. 2018. Hubungan Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Balita Tentang Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Diwilayah Kerja Puskesmas Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 7(1), 167-175.

Wahyudi, W. T., Zainaro, M. A., & Kurniawan, M. 2021. Hubungan Paparan Asap Rokok dengan Kejadian ISPA pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Bandar Agung Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah. Malahayati Nursing Journal, 3(1), 82-91




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.