PELATIHAN MENULIS IKLAN DAN POSTER SISWA

Ani Diana, Dessy Saputry, Saleh Fahrudin

Abstract


Kemampuan menulis iklan dan poster sangat penting untuk dikuasai siswa, Namun, kenyataan di lapangan masih banyak siswa yang belum mampu untuk menulis iklan dan poster dengan baik, terutama dalam membuat gambar iklan dan poster. Untuk itu perlu diberikan pelatihan di luar jam pelajaran yang terstrukur agar kemampuan siswa dapat meningkat. Tujuan pemberian pelatihan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis iklan dan poster. Pelatihan diberikan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 2, khususnya siswa Kelas VIII E dan F yang berjumlah 28 siswa. Untuk mengetahui kemampuan siswa tersebut dilakukan tes berupa pemberian tugas membuat iklan dan poster. Data yang berupa hasil penugasan yang dikerjakan oleh siswa kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus, yaitu jumlah jawaban yang benar dibagi jawaban yang seharusnya lalu dikali seratus. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang mendapat katagori sangat baik ada 4 siswa (14%), katagori baik 16 siswa (57%), dan katagori cukup 8 siswa (29%). Adapun untuk rata-rata kemampuan siswa dalam menulis iklan dan poster 76, tergolong baik Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemberian pelatihan kepada siswa dapat memberikan kontribusi yang positif karena dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis iklan dan poster.

Full Text:

PDF

References


Alamsari, Fuji, & Danasaputra, Iim Rogayah. (2018). Analisis Galat Berbahasa Inggris Pada Penulisan Iklan Luar Ruang Di Kota Bandung. Jurnal Sora, 3(2), 75-89. https://doi.org/10.58359/jurnal_sora.v3i2.24.

Aprilliana, Gina, Efendi, Roy. (2022). Penggunaan Aplikasi Capcut untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Iklan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Jampangtengah Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pendidikan: Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 2(2), 48-53. http://dx.doi.org/10.55215/triangulasi.v2i2.6732.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Press.

Gusfitri, Maya Lestari, dan Delfia, Elly. (2021). Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Pusat perbukuan.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lestari, Dian, & Sudrajat. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(5), 815-820. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.1333.

Limah, Hutri, Utomo, Cahyo Budi, Suryadi, Andy. (2018). Poster Dan Upaya Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Yogyakarta Tahun 1945- 1949. Journal of Indonesian History,7(1), 35-44.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jih/article/view/25372.

Mumtaz. (2019). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Nababan, Ryan Sheehan. (2020). Analisis Poster Pilkada Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Media Baru, 3(1), 1-8.

http://journal.unika.ac.id/index.php/tuturrupa/article/view/2983.

Nuraeni, Witri. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Berbasis Kearifan Lokal Batik Cianjur dengan Menggunakan Media Powtoon. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 11(1), 14-24. https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1769.

Rizawayani, Sari, Adelila, Sri, & Safitri, Rini. (2017). Pengembangan Media Poster pada Materi Struktur Atom di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 127-133. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Safari. (2019). Evaluasi Pendidikan: Penyusunan Kisi-kisi Penulisan, & Analisis Butir Soal. Jakarta: Erlangga.

Saputri, Amelia, Widdodo, Mulyanto, &Sumarti. (2017). Diksi dalam Poster Berbasis Elektronik di Youtube Serta Implikasinya. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1), 1-12.

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/BINDO1/article/download/12749/ 9115.

Sintia, Rizki Dilla. (2017). Bahasa Iklan Layanan Masyarakat dan ImplikasinyaTerhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Kata Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(2), 1-10. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/ index.php/BINDO1/article/view/12858.

Yusnadi, dkk. (2022). Analisis Slogan Pada Iklan Rokok Di Televisi. Journal of Literature Rokania, 1(1), 1-6. https://ejurnal.rokania.ac.id/index.php/jlr/article/download/ 110/100

Simatupang, Yusrawati, JR. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Model Pembelajaran Pair Check. Jurnal Metamorfosa, 8(2), 191-206.https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v8i2.1139.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.