SOSIALISASI DAMPAK PERNIKAHAN DINI TERHADAP PEREKONOMIAN KELUARGA

Dhel Juni Pasya, Aulia Nurlaila Kusuma Wardani, Sapto Yuwono

Abstract


Generasi muda dianggap sebagai asset, pernikahan dini adalah pernikahan yang dilakukan oleh pria dan wania dibawah umur. Pernikahan usia dini marak terjadi pada remaja desa. Dengan rendahnya pendidikan pada remaja yang melakukan pernikahan dini berdampak pada perekonomian keluarga karena sulitnya akses dalam bekerja dengan keterbatasan pendidikan. Perekonomian keluarga pada pernikahan dini bisa menjadi timbulnya masalah disebabkan oleh rendahnya pendidikan yang dimiliki. Karena jika sudah menikah dianggap sudah mampu secara ekonomi atau financial dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Sosialisasi dampak pernikahan dini pada perekonomian keluarga di Desa Banyuwangi di hadiri oleh 30 peserta mmasyarakat desa Banyuwangi, Pringsewu. Metode yang digunakan pada program pengabdian ini adalah partisipatoris (Participatory Action Research, PAR. Dalam kegiatan sosialisasi dampak pernikahan dini memberikan pemahaman pada remaja dan orang tua. Tingginya pernikahan pada usia dini menimbulkan masalah baik fisik, psikis, ekonomi, pendidikan, dan bisa mengarah pada perceraian karena faktor ekonomi yang belum matang

Full Text:

PDF

References


Ariawan, soni, Baiq , I. H, & Desi, R. 2021. Sosialiasai Dampak Pernikahan Dini Terhadap Persepsi dan Pemahaman Siswa pada Program Kuliah Kerja Partidisipatif dari RUmah (KKP DR). Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 17, No 2. Hal 296 - 306.

Durgut, S., and S. Kisa. 2018. Predictors of marital adjustment among child brides, Archives of Psychiatric Nursing. 32 (5). Hal. 670-676.

Hikmah, Nuria. 2019. Faktor-faktor yang Menyebabkan Trjadinya Pernikahan Dini di Desa Muara Wis Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. Journal Sosiatri-Sosiologi. Vol 7, No 1.

Naqiyah, Najlatun. 2021. Konseling Komunitas: Bimbingan Dan Konseling Komunitas Untuk Meningkatkan Potensi Anak Dan Remaja. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Mifahuddin, Abdul Hafidz, Toha, M,. M Munir, & Shinwanudin. 2021. Sosialisasi Dampak Pernikahan Dini Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga pada Remaja di Desa Mlandangan Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk. Volume 4, number 1, november. Hal 53-61.

Sakdiyah, H., & Ningsih, K. 2013. Mencegah pernikahan dini untuk membentuk generasi berkualitas. 26, 20.

Suyanto, Bagong, et al. 2023. The causes and impacts of earl marriage: the ordeal of girls in East Java, Indonesia. Sociologia, Problemas e PrĂ¡ticas, 101, May.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.