PELATIHAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS VII DI SMPIT MULIA BOARDING SCHOOL(SMP IMBOS)

Jodi Pranata, Ani Azzahra, Ahmad Budiman, Sri Wahyuningsih, Lisdwiana Kurniati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu masih terdapat siswa yang belum mampu menulis pantun berdasarkan ciri-ciri pantun dan struktur pantun dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan karena siswa masih belum memahami materi puisi pantun sehingga hasilnya kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis pantun pada siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari tes berupa pemberian tugas menulis pantun. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa . Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa dalam menulis pantun yaitu 82. Siswa dengan kategori penilaian sangat baik berjumlah 15 siswa dengan hasil persentase 57,70%. Siswa dengan kategori penilaian baik berjumlah 10 siswa dengan hasil persentase 38,4%. Siswa dengan kategori penilaian sangat baik berjumlah 15 siswa dengan hasil persentase 57,70%. Siswa dengan kategori penilaian cukup berjumlah 1 siswa dengan hasil persentase 3,9%..

Full Text:

PDF

References


Apriansah, Dedi, Abdul Muktadir, and Irwan Koto. n.d (2023). “Analisis Ciri-Ciri, Makna dan Fungsi Pantun Masyarakat Kaur Provinsi Bengkulu Relevansinya dengan Pembelajaran Pantun Di SD.” 6(1)

Asari, D. A. 2020. “Penggunaan Metode Sugesti Imajinasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Peserta Didik Kelas V (Penelitian Tindakan Kelas di SD Negeri Kerten 2 ….” 1–5.

Desfitria, Rahmah, and Aninditya Sri Nugraheni. 2021. “Pengembangan Materi Ajar Pantun Pada Buku Tematik Kelas V Tema 4.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2(1):13–23.

Dewi, A. C. K. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat (Pantun) Menggunakan Metode Sugestopedia pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 ….

Freddy, Mariana Heristian, and Agusti Efi. 2023. “Pertunjukan Partisipasi Pantun Palang Pintu di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23(2):1323. doi: 10.33087/jiubj.v23i2.3541.

Hawari, A. (2022). Struktur dan Fungsi Sosial Pantun dalam Acara Pernikahan di Kanagarian Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Majdi, Muhammad, and Nur Faizatina. 2023. “Strategi Pembelajaran Make A Match dalam Pengembangan Keterampilan Membaca Materi Pantun.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(2):599. doi: 10.35931/am.v7i2.1693.

Nugroho, Agung, Dian Ramadan Lazuardi, and Sri Murti. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Lks Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas VII SMP Xaverius Tugumulyo.” KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 5(1):1. doi:10.22219/kembara.vol5.no1.1-12.

Panumbangan (2013). Panduan Lengkap Peribahasa Pembentukan Istilah Sinonim dan Antonim. Buku Pintar. Yogyakarta.

Suriyana, Suriyana, Siti Nur Asmah, and Dedek Kurniawati. 2020. “Inovasi Media Lagu pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.” Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education 2(1):35–47. doi: 10.38114/riemann.v2i1.71.

Yuliawati, Lina, Sutrimah Sutrimah, and Cahyo Hasanudin. (2020). “Analisis Penelaahan Puisi Rakyat dengan Strategi Pq4R.” Jurnal Ilmiah Semantika 2(01):21–27. doi:10.46772/semantika.v2i01.260.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.