EDUKASI KESEHATAN PENCEGAHAN ANEMIA DENGAN MENGKONSUMSI BUAH KURMA PADA REMAJA PUTRI DI UNIVERSITAS PRINGSEWU LAMPUNG

Analia Kunang, Mufidah Mufidah, Sumarni Sumarni

Abstract


Dampak anemia berpengaruh terhadap menurunnya  konsentrasi dan prestasi belajar, pada jangka panjang mempengaruhi kualitas  sumber  daya  manusia,  dimana  remaja  putri  merupakan  generasi masa depan bangsa yang akan menentukan generasi berikutnya.Berdasarkan hasil penelitian buah kurma dapat meningkatkan kadar hemoglobin karena kurma mengandung zat yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan edukasi tentang bahaya anemia pada Wanita dan menambah pengetahuan mahasiswi bahwa buah kurma dapat mencegah terjadinya anemia. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini akan dilaksanakan selama 2 hari di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Kegiatan ini diawali dengan memberikan materi tentang anemia pada remaja dan dilanjutkan dengan  diskusi dan tanya jawab serta dilakukan nya pemeriksaan Hb pada mahasiswi. Pelaksanaan edukasi ini akan dilakukan pada mahasiswi Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung.


Full Text:

PDF

References


Bakta, I. (2017). Anemia Defisiensis Besi.Jakarta: FKUI.

Biawan. (2018). Anemia Masalah Gizi Pada Remaja. Jakarta: EGC.

Departemen Kesehatan RI.Survei Demografi Kesehatan Indonesia. (2015). Jakarta.

Sayogo S.(2016). Gizi dan Pertumbuhan Remaja. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Satuhu. (2016). Kurma Khasiat dan Olahannya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Notoatmodjo S. (2016). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiowati, Wiulin. (2016). Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Anemia Pada Remaja. [skripsi]. Surabaya: Buletin Penelitian Kesehatan.

Cholifah, Noor. ( 2017). Pengaruh Pemberian Buah Kurma Pada Remaja Putri di SMK Raden Umar Said Kudus. [skripsi]. Jakarta: Universitas Indonesia.

Susilowati, Diah. (2017). Pengaruh konsumsi kurma pada remaja putri di SMA 2 Yogyakarta.[skripsi]. Yogyakarta:Universitas Aisyiyah.

Bumbata. (2016). Tips Anemia Tanda Gejala Kekurangan Zat Besi Pada Remaja.Jakarta:EGC.

Proverawati. (2017). Anemia. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.