PENDIDIKAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH MELALUI PERKADERAN BAITUL ARQAM MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAHAKARYA ACEH

Linda Handayani, Saiful Basri, Zulfa Zainuddin, Fauzan Fauzan, Muttaqin Al Ridha

Abstract


Salah satu usaha untuk mengenalkan Ideologi Muhammadiyah khususnya kepada mahasiswa baru adalah kegiatan Baitul Arqam. Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang ideologi Muhammadiyah, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar, Muqqadimah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muhammadiyah, Sifat dan Kepribadian Muhammadiyah melalui pendekatan ranah kognitif, afeksi dan psikomotorik. Sasaran kegiatan ini dilakukan pada Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan berbagai metode dalam penerapannya, diantaranya adalah persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pendampingan setelah kegiatan selesai. orientasinya adalah pendidikan ideologi Muhammadiyah melalui perkaderan baitul arqam mahasiswa baru di kampus Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2016). Membedah Tujuan Pendidikan Muhammadiyah. Profetika: Jurnal Studi Islam, 17(01), 43–56.

Bando, U. D. M. A., Ismaya, Elihami, & Kamaruddin, M. H. (2021). Program Baitul Arqam Bagi Pimpinan dan Dosen dalam Lingkup Universitas Muhammadiyah Enrekang Menggunakan Model CIPP. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 79–89.

Fadillah, D. (2014). Strategi Komunikasi Pembentukan Budaya Organisasi Baitul Arqam Sebagai Sarana Pembentukan Budaya Organisasi Ala Kh Ahmad Dahlan Di Amal Usaha Muhammadiyah Yogyakarta (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta). Humanika, 14(1).

Fajri, M. D., & Sulthani, D. A. (2018). Pemetaan Cabang dan Ranting Muhammadiyah Se-Wilayah Pimpinan Daerah Jakarta Timur.

Hidayat, S. (2011). Metode Pemahaman Agama dalam Muhammadiyah Kajian Atas al-Masail al-Khams dan MKCH. Tajdida, 9(2), 133–150.

Ilham, I., Gani, A. A., & Arrahman, R. (2019). Penerapan Baitul Arqam untuk Peningkatan Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyah bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 141.

Junaidi, J., Dinata, K. B., & Darwanto, D. (2020). Evaluation and Analysis of Baitul Arqam on the Morals and Performance of Lecturers and Employees of the University of Muhammadiyah Kotabumi. Halaqa: Islamic Education Journal, 4(2), 133–153.

https://doi.org/10.21070/halaqa.v4i2.1015

Kartini, N. H. (2017). Evaluasi Program Baitul Arqam Bagi Karyawan di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. 16, 144–157.

Rasyid, R. E., Firman, L, S., & Nadirah. (2022). Perencanaan Pembelajaran. In Rumah Cemerlang Indonesia.

Rasyid, R. E., Sadapotto, A., Ecca, S., & Syahrir, L. (2022). Original Article Gramaticalization of Bugisness Language In Sidenreng Rappang community.

Setiyowati, A., Rohmayani, V., Huda, F., & Tim Instruktur. (2022). Pedoman Baitul Arqam Dosen dan Tenaga Kependidikan Tahun 2022 Universitas Muhammadiyah Surabaya. UM Surabaya Publishing.

Syahrir, L., Baba, L., Tamrin, M., & ... (2021). The Application of Think Pair Share to Enhance Vocabulary Mastery. Edumaspul: Jurnal …, 5(2), 1012–1019.

Zarro, M., Yunani, & Dhita, A. N. (2020). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Islam Dan Pendidikan. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 61–66




DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.