EDUKASI PENGGUNAAN ALAT MUSIK TRADISIONAL PADA PEMBELAJARAN DI UPT SDN 3 REJOSARI

Endang Wahyuni, Yesi Budiarti, Dhimas Rinda Adi P

Abstract


Penggunaan alat musik tradisional dapat menjadi alternatif yang menarik dalam pengenalan berbagai materi di sekolah dasar, salah satunya yaitu materi geometri. Musik dan seni secara umum diketahui mampu merangsang kreativitas dan membantu siswa lebih mudah memahami konsep-konsep akademik. Beberapa alat musik tradisional Indonesia seperti angklung, gamelan, dan kolintang memiliki pola geometris yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bangun datar dan bangun ruang. Siswa diajak untuk memainkan alat musik tradisional sambil mengenali pola-pola geometris pada alat musik tersebut. Mereka juga dapat bereksplorasi membuat alat musik sederhana dengan prinsip geometri. Dengan begitu, siswa diharapkan dapat memahami konsep geometri secara kontekstual melalui kegiatan bermain musik yang menyenangkan. Penerapan pendekatan pembelajaran yang kontekstual dan aktif ini diduga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi geometri. Kajian lebih lanjut diperlukan untuk menguji efektivitas penggunaan alat musik tradisional dalam pengenalan konsep geometri di sekolah dasar

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v7i2.2257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.